UNTUK INDONESIA
Tegas, PDIP Resmi Pecat Akhyar Nasution
Keputusan Akhyar Nasution yang merapat ke Partai Demokrat berbuntut pemecatan sebagai pengurus dan kader PDIP.
Akhyar Nasution dalam satu kesempatan saat mengikuti dialog di chanel YouTube Medan Berkarakter. (Foto: Tagar/Istimewa).

Medan - Keputusan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution tetap maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) dengan merapat ke Partai Demokrat berbuntut panjang. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan resmi memecat Akhyar sebagai pengurus dan juga kader.

Kepastian Akhyar resmi diberhentikan oleh partai berdasarkan Surat Keputusan DPP PDIP bernomor 29-A/KPTS-DPD/DPP/VIII/2020, tentang Penyesuaian Struktur dan Komposisi Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Sumatera Utara Masa Bakti 2019-2024.

Sesuai dengan SK yang dikeluarkan, tidak ada lagi nama Bapak Akhyar dalam pengurusan DPD PDIP Sumut.

Surat itu resmi ditandangani oleh Megawati Soekarnoputri selalu Ketua Umum PDIP dan Hasto Kristiyanto sebagai Sekretaris. Surat itu resmi dikeluarkan oleh keduanya Senin 3 Agustus 2020. 

Dalam SK tersebut jabatan Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Sumatera Utara yang sebelumnya dipegang oleh Akhyar, kini digantikan oleh Penyaber Nakhe.

Baca juga:

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPD PDIP Sumatera Utara, Aswan Jaya membenarkan adanya SK yang dikeluarkan oleh Ketua Umum dan Sekrestaris Jenderal.

"Sesuai dengan SK yang dikeluarkan, tidak ada lagi nama Bapak Akhyar dalam pengurusan DPD PDIP Sumut. Jadi beliau sudah tidak bersama PDIP lagi, baik dari kepengurusan atau dari keanggotaan," kata Aswan Jaya kepada Tagar, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Menurut dia, kepengurusan PDIP DPD Sumut adalah suatu yang harus dipatuhi. Sebagai kader harus ikut dengan aturan yang berlaku. Dalam SK yang ditandatangani Ketua Umum, Djarot Saiful Hidayat resmi menjabat sebagai Ketua PDIP Sumut. Tidak sebagai pelaksana tugas.

"Iya, SK tersebut juga memuat struktur dan komposisi kepengurusan DPD PDIP Sumut yang baru. Djarot Saiful Hidayat menjadi Ketua DPD PDIP Sumut yang definitif," kata dia.

Akhyar Nasution, ketika dikonfirmasi awak media melalui selularnya terkait diberhentikannya dari PDIP DPD Sumut belum berhasil.[]

Berita terkait
Akhyar Nasution Dirawat di RS Royal Prima Kota Medan
Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution dinyatakan positif Covid-19. Kini dia dirawat di Rumah Sakit Royal Prima, Kota Medan.
Akhyar Kena Covid, Kantor Wali Kota Medan Tetap Buka
Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution dinyatakan positif terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Akhyar-Salman Lawan Kuat Bobby di Pilkada Medan
Akhyar Nasution-Salman Alfairisi diprediksi akan menjadi lawan tangguh bagi Bobby Nasution dan pasangannya yang belum diketahui sejauh ini.
0
Wanita, Tersangka Baru Pembunuhan Wartawan Demas Laira
Kepolisian Mamuju Tengah kembali menetapkan satu tersangka baru dalam kasus pembunuhan wartawan Demas Laira.