Tegas, Mabes Polri Tidak Akan Izinkan PA 212 Reuni di Monas

Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri) secara tegas menyatakan tidak akan memberikan izin keramaian terkait kegiatan reuni PA 212 di Monas.
Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri) secara tegas menyatakan tidak akan memberikan izin keramaian terkait kegiatan reuni PA 212 di Monas. (Foto: ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta - Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri) secara tegas menyatakan tidak akan memberikan izin keramaian terkait kegiatan reuni Persaudaraan Alumni (PA) 212 di Monas, Jakarta Pusat, pada 2 Desember 2020. 

Tak hanya acara tersebut, tetapi semua kegiatan yang berpeluang menyebabkan kerumunan juga tidak diizinkan kepolisian.

Bapak Kapolri sudah mengeluarkan dua kali maklumat.

"Tadi sudah, saya jelas. Tadi sudah saya jawab apa, kami tidak mengizinkan. Iya, tidak mengeluarkan izin keramaian. Sudah jelas," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 17 November 2020.

Baca juga: Larang Reuni PA 212, Kesempatan Pemprov DKI Tegakkan Aturan

Selanjutnya, Awi menyampaikan kebijakan tersebut berdasarkan maklumat yang telah dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis. 

PA 212Benarkah Ketua PA 212 Dikriminalisasi. (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)

Dia berujar, Maklumat Kapolri tersebut merupakan instruksi kepada semua jajarannya agar melarang kegiatan yang dapat mengundang kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

"Kan sudah saya sampaikan, Bapak Kapolri sudah mengeluarkan dua kali maklumat. Sudah sangat jelas itu dan semua media ngeliput, kan," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memerintahkan seluruh kapolda memerhatikan penerapan protokol kesehatan di wilayahnya. Jika ada yang melanggar, Idham pun tak ragu akan menindak tegas.

Baca juga: Rizieq Berulah Kapolda Dicopot, PA 212 Singgung Kampanye Mantu Jokowi

Hal itu tertuang di dalam Surat Telegram Kapolri Nomor S/3220/XI/KES 7/2020 per tanggal 16 November 2020. Surat telegram ini diteken oleh Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo selaku atas nama Kapolri.

Adapun Ketua PA 212 Slamet Maarif menyebut pihaknya berencana menggelar reuni Aksi 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Dia berkata, surat permohonan izin sudah dilayangkan tiga bulan lalu dan masih menunggu jawaban dari Pemerintah DKI Jakarta.

"Kan memang setiap tahun di Monas. (Aksi 212 tahun 2016 juga kan kejadiannya di Monas, masak mau di Ancol reuninya," tutur Slamet. []

Berita terkait
Epidemiolog UI Minta Anies Baswedan Tak Izinkan Reuni PA 212
Pakar epidemiologi FKM Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono meminta Gubernur Anies Baswedan dan Pemprov DKI tak izinkan reuni PA 212 di Monas.
Reuni PA 212 di Monas, Anies Baswedan Ambil Posisi Populis
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai akan mengambil posisi populis dan demi elektoral dalam izin reuni PA 212 di Monas.
Anies Baswedan Disebut Bakal Izinkan Reuni PA 212 Tanpa Dilema
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai tetap akan mengizinkan reuni Aksi PA 212 di kawasan Monas, Jakarta, meski ada pandemi Covid-19.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan