Taksi Khusus Hewan Peliharaan Beroperasi di Kairo Mesir

Sepasang suami istri di Kairo, Mesir, menyediakan layanan Aleefcom Paxi yaitu taksi khusus untuk hewan peliharaan
Seekor anjing melongokkan kepalanya melalui jendela belakang taksi, setelah dijemput oleh anggota \'Aleefcom paxi, layanan transportasi khusus hewan peliharaan\', di Kairo, Mesir, 20 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Sayed Sheasha)

Kairo - Sepasang suami istri di Kairo, Mesir, menyediakan layanan Aleefcom Paxi yaitu taksi khusus untuk hewan peliharaan. Mereka mengangkut anjing dan hewan-hewan peliharaan lainnya ke berbagai tempat tujuan di Kota Kairo, Mesir.

Bahaa El-Din Magdy Saleh dan Hebatallah Adel Solaiman, pasangan suami istri asal Mesir, menyediakan jasa untuk membawa hewan-hewan peliharaan ke berbagai tempat tujuan di Kairo dengan layanan taksi yang dikhususkan untuk mengangkut hewan.

Mereka baru meluncurkan layanan tersebut, Aleefcom Paxi, empat bulan silam. Mereka menawarkan jasa mengantar hewan peliharaan ke rumah-rumah, pusat-pusat pelatihan dan klinik. Selain itu, mereka juga menawarkan diri untuk melakukan perjalanan ke berbagai wilayah bagi pemilik hewan peliharaan yang tidak dapat melakukan sendiri tugas tersebut.

bahaaBahaa Magdy dan istrinya Hebatallah Adel, mengangkut seekor anjing di dalam mobilnya di Kairo, Mesir, 20 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Hanaa Habib)

Pasangan suami istri tersebut menjalankan pekerjaan itu bersama-sama. Sang suami mengemudikan mobil, sedangkan istrinya duduk di kursi belakang menemani hewan peliharaan yang mereka angkut. Kalau perjalanan yang ditempuh lama, Solaiman akan memberi makan penumpang mereka serta menunggui hewan itu untuk buang air.

Solaiman mengatakan,"Kami ingin menawarkan jasa ini di Mesir karena sekarang ini layanan tersebut tidak tersedia, dan pada saat bersamaan kami ingin hewan-hewan ini dapat bepergian tanpa restriksi atau dibawa-bawa di dalam kandang. Harus ada sikap bersahabat dan sayang hewan. Jadi sewaktu hewan itu bertemu kami kembali pada lain waktu, hewan tersebut akan menyayangi kami juga dan mengenali orang-orang yang dititipi oleh pemiliknya. Kami juga ingin meringankan kerumitan transportasi bagi para pemilik hewan itu.”

hebatallahHebatallah Adel, menjemput seekor anjing dan membantunya naik ke mobil di Kairo, Mesir, 17 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Sayed Sheasha)

Pasangan ini juga mengangkut pemilik hewan peliharaan itu bila perlu, khususnya bagi yang baru pertama kali menggunakan jasa mereka.

Saleh menjelaskan, “Dalam beberapa kasus, pemilik begitu lengket dengan hewan peliharaannya sampai-sampai mereka harus ikut bersama kami dalam perjalanan pertama. Tetapi begitu hewan-hewan itu terbiasa dengan kami, pemilik menyerahkan hewan tersebut kepada kami dan kami menindaklanjutinya dengan mengontak klien kami selama perjalanan, dan setelah perjalanan untuk mengetahui keadaan hewan itu.”

seorang pria elusSeorang pria mengelus anjing peliharaannya saat Bahaa Magdy dan istrinya Hebatallah Adel, anggota \'Aleefcom paxi untuk transportasi hewan peliharaan\', menjemput penumpangnya tersebut di Kairo, Mesir, 20 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Hanaa Habib)

Jasa yang ditawarkan Saleh dan Solaiman disambut baik oleh mereka yang kemudian menjadi klien Aleefcom Paxi. Salah seorang di antaranya adalah Mahmoud Atef, seorang pelatih anjing.

"Aleefcom Paxi sejujurnya … saya sudah mengirim dan menerima anjing-anjing selama 11 tahun di Mesir, tetapi saya sebelumnya selalu menggunakan taksi biasa atau Uber atau mengirim anjing-anjing itu melalui teman-teman saya. Tetapi orang-orang itu selalu punya masalah dengan anjing. Menjadi masalah kalau mengirim anjing sementara orang yang mengantarkannya merasa tidak nyaman. Mereka tidak tahu cara memperlakukan hewan-hewan itu, mereka tidak tahu apa yang diinginkan anjing," komentarnya.

"Apa yang ditawarkan Aleefcom Paxi kepada saya adalah anjing diantar oleh orang-orang yang tahu bagaimana memperlakukan hewan peliharaan. Saya dapat mengirim anjing melalui mereka dan saya tidak akan merasa khawatir. Saya dapat mengirim anjing yang sakit, dan membuat seolah-olah sang pemilik bersama hewan peliharaannya itu," imbuh Atef.

hebatallah adelHebatallah Adel, anggota \'Aleefcom paxi untuk transportasi hewan peliharaan\', duduk di samping seekor anjing di dalam mobil, di Kairo, Mesir, 20 Maret 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS / Hanaa Habib)

Saleh dan Solaiman juga menawarkan jasa untuk mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan apabila sang pemilik tidak sempat melakukannya.

Selain itu, kata Solaiman, "Kami tidak hanya mengangkut anjing dan kucing. Kami juga mengangkut reptil, monyet atau anak-anak anjing dan kucing, semuanya kami tawarkan. Sementara untuk penyelamatan hewan yang berkeliaran, orang yang melaporkan kasusnya harus menanggung biayanya. Klien juga perlu tahu bahwa kami bukan penangkap hewan, kami hanya membantu menyelamatkan dalam beberapa kasus.”

Pasangan suami istri ini berharap dapat meluaskan jasa mereka dan meluncurkan aplikasi layanan tumpangan khusus untuk hewan peliharaan (uh/ab)/Reuters/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Ketika Hewan Membawa dan Menularkan Penyakit
Badan kesehatan di Arizona, AS, temukan pemicu penyakit pes pada kutu. Inang utama penyakit itu adalah hewan pengerat
6 Tips Sehat Bagi Keluarga Pemilik Hewan Peliharaan Berbulu
Berikut Tagar rangkumkan 6 tips menjaga kesehatan keluarga bagi pemilik hewan peliharaan berbulu.
0
Sejumlah Aturan Baru PPDB 2021 untuk SD Hingga SMK
Kemendikbudristek menetapkan delapan aturan baru dalam PPDB 2021 mulai dari perubahan batas usia hingga daya tampung sekolah pada zonasi peserta.