UNTUK INDONESIA
Tak Kunjung Turun, Berapa Harga Ideal BBM Saat Ini?
Pertamina memilih untuk memberikan sejumlah program promosi ketimbang melakukan penyesuaian harga jual bahan bakar minyak (BBM).
Aktifitas petugas melayani pelanggan untuk mengisi BBM di salah satu Stasiun Pengisian Bakar Umum (SPBU). (Foto: dok Pertamina)

Jakarta - Perusahaan minyak dan gas negara, PT Pertamina (Persero) memilih untuk memberikan sejumlah program promosi ketimbang melakukan penyesuaian harga jual bahan bakar minyak (BBM) di tengah tren penurunan harga minyak global. Padahal, perusahan migas nasional itu sejatinya memiliki ruang untuk segera memangkas bandrol BBM yang disalurkan kepada masyarakat melalui 7.000 lebih SPBU di seluruh Indonesia.

“ Seluruh program ini diharapkan dapat membantu meringankan ekonomi masyarakat yang sedang menghadapi pandemi Covid-19,” begitu kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan pers akhir pekan lalu, 3 Mei 2020.

MOPS merupakan patokan harga BBM yang dikeluarkan setiap hari oleh sebuah lembaga khusus di Singapura

Baca Juga: Pertamina Tawarkan Promo BBM dan Gas Selama Ramadan 

Situs berita online ini mencatat, setidaknya pemerintah bisa melakukan perhitungan harga baru BBM melalui metode Mean of Platts Singapore (MOPS). Untuk diketahui, MOPS merupakan patokan harga BBM yang dikeluarkan setiap hari oleh sebuah lembaga khusus di Singapura. Ini pula yang dipakai oleh Indonesia dalam mengkalkulasikan harga BBM di Tanah Air seperti yang pernah disebut oleh eks. Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

PertaminaIlustrasi - Gedung Pertamina. (Foto: Pertamina)

Dalam hitung-hitungan tersebut dijelaskan bahwa perhitungan harga BBM RON 92 (Pertamax) adalah MOPS + Rp 1.800 + margin 10 persen. Dalam formulasi itu juga disebutkan bahwa acuan harga BBM untuk bulan berjalan merupakan harga minyak per tanggal 25 dua bulan sebelumnya.

Sehingga, parameter yang digunakan untuk periode Mei 2020 adalah termin 25 Februari hingga 24 Maret, yang mana kurs berada pada kisaran Rp 15.300 dan harga MOPS US$ 50 perbarel.

Kemudian, ditambahkan pula perhitungan harga minyak mentah Indonesia (Indonesian crude price/ICP) sebesar 40 dolar AS. Asumsi ICP ini juga turut disertai karena regulasi Kepmen ESDM mengamanatkan apabila terjadi kasus harga minyak anjlok.

Jadi dari semua perhitungan tersebut didapatkan bahwa harga BBM jenis RON 92 atau Pertamax memiliki besaran nilai jual ideal sekitar Rp 7.100 per liter. Dalam pantauan Tagar, BBM jenis Pertamax  pada hari ini masih dibandrol Rp 9.000 untuk setiap liternya. Artinya, ada ruang sebesar Rp 1.900 yang bisa dikonversi untuk meringankan beban masyarakat.

Simak PulaCovid-19, Pertamina Ringankan Beban Pengemudi Angkot

Berikut adalah harga jual bahan bakar minyak yang diedarkan Pertamina melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) per 3 Mei 2020.

Pertalite Rp 7.650

Pertamax Rp 9.000

Pertamax Turbo Rp 9.850

Dexlite Rp 9.500

Pertamina Dex Rp 10.200. []

Berita terkait
Pertamina Tawarkan Promo BBM dan Gas Selama Ramadan
PT Pertamina (Persero) meluncurkan berbagai program promo sepanjang Ramadhan untuk pembelian BBM dan Bright Gas.
Menanti Pertamina Turunkan Harga BBM saat Wabah Corona
Pengamat Trubus Rahardiansyah menyarankan Pertamina menurunkan harga BBM menyesuaikan dengan kondisi ada wahah corona Covid-19 di Indonesia.
Hore, Ahok Bagi Cashback BBM Pertamina Buat Ojol
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama akrab disapa Ahok membagi promo cashback kepada ojol selama masa pandemi Covid-19.
0
Waspada Komplotan Pembobol ATM Beraksi Saat Covid-19
Polda Jatim berhasil menangkap tiga orang komplotan pembobolan ATM dengan cara skimming untuk mencuri uang milik nasabah saat pandemi Covid-19.