TAGAR.id, Jakarta - Menjalankan sebuah bisnis atau usaha, tidak mungkin lepas dari proses marketing, branding, selling. Bicara tentang itu semua, maka promosi atau publikasi adalah termasuk dalam strategi marketing dan branding.
Di antara begitu banyak media yang dapat digunakan, siapa yang tidak ingin menggunakan media promosi dengan biaya terjangkau?
Banyak manfaat yang dihasilkan promosi dan publikasi lewat berbagai kanal media. Diantaranya, tentu saja eksposur brand (brand awareness) kepada masyarakat secara luas dan masif.
Ada pula manfaat untuk menarik traffic pengunjung ke situs web dan meningkatkan penjualan produk atau jasa.
3 Media Promosi dengan Biaya Terjangkau
Beragam media promosi dengan biaya murah, mulai dari yang konvensional hingga yang berbasis internet, dapat Anda gunakan untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas. Simak daftarnya berikut ini!
1. Media Sosial
Siapa yang tidak tahu kalau berbagai platform jejaring sosial atau media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media promosi bisnis? Mulai dari Facebook, Google, Twitter hingga TikTok, hampir seluruhnya menyediakan fitur iklan untuk promosi bisnis Anda.
Awal mulanya, platform media sosial berguna untuk menambah jaringan pertemanan. Tetapi, seiring berkembangnya zaman dan perubahan perilaku, platform media sosial juga menjadi pilihan untuk marketing, branding hingga selling produk atau jasa.
Setiap platform jejaring sosial ini tentunya memang memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Ditinjau dari sisi biaya dan jangkauan, promosi dan publikasi di platform-platform media sosial tersebut cukup fleksibel dan menguntungkan selama pengguna memahami kaidah dan teknis optimasinya.
2. Press release
Press release adalah salah satu media promosi dengan biaya yang terjangkau. Format ini dapat diterapkan pada kanal media online, maupun offline seperti koran dan televisi.
Sebelum platform online berkembang seperti sekarang, kebanyakan perusahaan menyampaikan informasi resmi tentang kejadian, acara, promosi, dan berbagai hal lainnya dengan mengandalkan iklan atau publikasi lewat media cetak, seperti koran menggunakan press release.
Seiring perkembangan zaman, press release pun berhasil menjaga eksistensinya dengan mempublikasikan informasi perusahaan lewat media rekanan cetak maupun media sosial, atau portal online.
Biasanya konten press release cukup singkat, terdiri hanya dari 1 sampai 2 halaman dengan informasi yang komprehensif dan akurat.
Press release dapat menjadi kanal branding yang praktis, dan memberikan eksposur untuk liputan acara yang dapat membantu promosi dan publikasi di skala regional dan nasional.
Bahkan, press release bisa menjadi faktor pendukung untuk mendapatkan verifikasi akun Instagram dan Shopee Mall bisnis.
Diantara begitu banyak vendor jasa press release, The Cronut Project adalah salah satu vendor yang menawarkan jasa press release murah, dengan pelayanan cepat, dan pilihan media yang variatif dan diskon menarik.
3. Email Marketing
Mirip dengan press release, email marketing adalah salah satu strategi marketing yang bertahan semenjak media sosial belum menyediakan fitur-fitur beriklan seperti sekarang.
Meskipun dianggap strategi marketing konvensional, faktanya, email marketing masih jadi salah satu kanal promosi favorit brand besar hingga kecil.
Email marketing sangat cocok digunakan untuk membangun hubungan yang jangka panjang dengan pelanggan. Fungsinya untuk akuisisi dan mempertahankan pelanggan untuk tetap menjadi pelanggan setia (loyalist) brand-nya masih terbukti efektif.
Ketiga media promosi di atas memiliki biaya investasi yang cenderung lebih murah, fleksibel dengan potensi Return of Investment (ROI) yang cukup baik. Khusus untuk press release, metode ini terbukti efektif untuk mempublikasikan informasi sekaligus promosi secara halus (soft selling) tentang suatu perusahaan, organisasi, produk atau jasa.
Press release juga merupakan media promosi dengan biaya yang terjangkau, sehingga cocok digunakan oleh perusahaan atau usaha yang baru berdiri, dengan anggaran modal yang terbatas. Tertarik menggunakan jasa press release untuk branding, marketing, atau selling? Konsultasikan langsung dengan tim The Cronut Project secara GRATIS![]
Baca Juga:
- Bisnis Stabil di Tengah Krisis dengan 4 Tips ini, Fokus Nomor 3
- REC Kian Diminati, Pelanggan Bisnis dan Industri Dapat Membelinya Langsung ke PLN