UNTUK INDONESIA
Tak Bantu Roma, Pelatih Fonseca Kritik Zaniolo
AS Roma raih kemenangan ke-3 dengan menaklukkan Verona. Meski menang, namun pelatih Paulo Fonseca kecewa dengan sikap pemainnya, Nicolo Zaniolo.
Pelatih AS Roma Paulo Fonseca mengaku kecewa dengan sikap pemainnya, Nicolo Zaniolo, yang tidak membantu tim saat menghadapi Verona. Di laga yang digelar di Stadion Olimpico, Kamis, 16 Juli 2020 dini hari WIB, Roma menang 201. (Foto: asroma.com)

Jakarta - AS Roma mencetak kemenangan ke-3 dengan menaklukkan Verona 2-1 yang memantapkan posisinya di 5 besar klasemen Serie A Italia. Namun pelatih Roma Paulo Fonseca sempat mengungkapkan kekecewaannya terhadap gelandang Nicolo Zaniolo. Dia mengritik pemainnya yang tak membantu tim sehingga sempat ribut dengan rekan sendiri di lapangan.  

Roma melakoni laga yang sangat ketat saat menjamu Verona di Stadion Olimpico, Kamis, 16 Juli 2020 dini hari WIB. Meski sudah unggul saat laga berjalan 10 menit lewat penalti Jordan Veretout, namun I Giallorossi sempat kesulitan menambah gol. 

Mereka baru bisa melakukannya menjelang akhir babak pertama. Sundulan striker Edin Dzeko memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 2-0. 

Saya tidak suka dengan sikap dia kali ini karena dia tak membantu tim. Saya kecewa dengan sikapnya

Namun Verona tetap bermain agresif untuk memperkecil ketinggalan di babak ke-2. Usaha mereka tak sia-sia saat laga baru berjalan 3 menit di babak itu. Sontekan Matteo Pessina lewat tumit belakang sukses mengubah skor menjadi 2-1.

Setelah gol itu, Roma dipaksa bekerja keras. Tidak hanya bertahan tetapi juga saat menyerang. Bahkan Fonseca mengakui laga tersebut sebagai yang tersulit yang dihadapi Roma. 

"Pertandingan selalu tak mudah saat menghadapi tim-tim tertentu," kata Fonseca seperti dilansir dari Sky Sports Italia.  

"Menurut saya, kami memenangkan pertandingan dengan sangat baik. Kami seharusnya sudah bisa mengunci pertandingan lebih cepat karena menciptakan banyak peluang. Namun lawan lebih banyak bertahan Bahkan kiper Pau Lopez jarang melakukan penyelamatan," ujarnya.

Zaniolo Kecewakan Pelatih Fonseca

Meski puas dengan kemenangan yang diraih, namun Fonseca mengaku kecewa dengan penampilan Zaniolo. Pemain muda yang baru pulih dari cedera panjang ini dimasukkan di babak kedua. Zaniolo menggantikan Lorenzo Pellegrini di menit 66. 

Dengan stamina yang lebih bugar, pemain tim nasional Italia ini diharapkan bisa menutup lubang atau kelemahan pemain lain. Namun yang terjadi Zaniolo justru asyik bermain sendiri. Terutama menjelang akhir pertandingan saat emosi pemain makin tinggi. 

Dalam kondisi kelelahan dan tensi tinggi, mereka harus mempertahankan keunggulan. Apalagi tim menghadapi lawan yang memaksa mereka bekerja ekstra keras sepanjang 90 menit pertandingan.

Buntutnya, bek Gianluca Mancini terlihat berteriak keras saat mengingatkan Zaniolo. Mereka juga sempat adu mulut meski tidak seperti 2 pemain Tottenham Hotspur, kiper Hugo Lloris dan Son Heung-min, yang ribut sendiri di tengah pertandingan. 

Fonseca sendiri mendukung tindakan Mancini. Dirinya juga memperlihatkan kekecewaannya terhadap Zaniolo. 

"Tindakan dia [Mancini] sudah benar. Zaniolo memang harus berbuat lebih untuk membantu tim," kata Fonseca. 

"Dia seharusnya menyadari saat masuk sebagai pemain pengganti. Dia harus membantu tim. Saya tidak suka dengan sikap dia kali ini karena dia tak membantu tim. Saya kecewa dengan sikapnya," ujarnya. 

Kemenangan atas Verona mengamankan posisi Roma di zona Liga Europa. Kini, Roma memiliki poin 57. Mereka unggul 4 poin dari Napoli dan AC Milan yang berada di posisi 6 dan 7. Ke-2 tim itu menjadi pesaing Roma memperebutkan tiket ke Liga Europa. []

Berita terkait
AS Roma Menang, Zaniolo Selamatkan Pelatih Fonseca
AS Roma mencetak kemenangan lawan Brescia di Serie A Italia. Gelandang Nicolo Zaniolo turut mencetak gol yang selamatkan pelatih Paulo Fonseca.
Kalahkan Parma, AS Roma Geser Napoli dan AC Milan
AS Roma menghentikan rekor buruk saat mengalahkan Parma. Kemenangan itu menjadikan Roma menggeser Napoli dan AC Milan untuk merebut peringkat 5.
2 Laga AS Roma Jadi Penentuan Pelatih Fonseca
Pelatih AS Roma Paulo Fonseca terancam dipecat setelah mengalami 3 kekalahan beruntun. Nasibnya ditentukan di 2 laga lawan Parma dan Brescia.
0
Tak Bantu Roma, Pelatih Fonseca Kritik Zaniolo
AS Roma raih kemenangan ke-3 dengan menaklukkan Verona. Meski menang, namun pelatih Paulo Fonseca kecewa dengan sikap pemainnya, Nicolo Zaniolo.