Tahun 2021 Menko Airlangga Prediksi IHSG Sentuh Level 7.000

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa menyentuh level 7.000 di tahun 2021.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto:Tagar/Kemenko Perekonomian)

Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa menyentuh level 7.000 di tahun 2021. Prediksi ini, disampaikan Menko Airlangga saat memberikan pidato sambutan di acara peresmian pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2021.

IHSG diprediksi bisa mencapai 6.800 ataupun ke 7.000 akhir Desember 2021.

"Optimisme juga terlihat di pasar modal sejalan penurunan risiko ketidakpastian, di pasar keuangan global tercermin dari volatility indeks dan credit default swap semakin membaik dan IHSG diprediksi bisa mencapai 6.800 ataupun ke 7.000 akhir Desember 2021," kata Menko Airlangga Senin, 4 Januari 2021.

Menurutnya, perkiraan ini berdasarkan level IHSG pada 22 Desember 2020 yang sempat menyentuh level tinggi, yakni di kisaran 6.165. Meski pada akhir 2020 kembali melemah ke level di bawah 6.000.

Menko Airlangga juga menyebutkan, pada 2021 sebanyak 30 perusahaan ditargetkan dapat melakukan penawaran di pasar saham Indonesia.

"Dan kami berharap jumlah dana bisa cukup signifikan, apalagi disampaikan SBN sekarang sudah sangat rendah sehingga dengan SBN yang rendah yield-nya 3,64 persen ini bisa dorong lebih banyak IPO lagi atau mencari dana dari pasar modal," ucapnya.

Sementara dalam asumsi makro APBN 2021, inflasi ditargetkan mencapai 3 plus minus 1 persen dan nilai tukar rupiah Rp 14,600 per dolar AS. Kondisi tersebut, menjadi cerminan bahwa indikator makro Indonesia membaik ke posisi sebelum adanya COVID-19.

"Sentimen di beberapa bulan terakhir nilai rupiah terapresiasi ke level Rp14.550 per 30 Desember, berarti baik IHSG maupun rupiah sudah mendekati level pre pandemic, sebelum pandemic di bulan Januari," sebutnya.[]

Berita terkait
Menko Airlangga Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari UNNES
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Semarang UNNES.
Airlangga: UGM Berperan Penting Tingkatkan Kualitas SDM RI
Menko Airlangga menjelaskan Makna peringatan Nitilaku untuk mengingat kembali awal mula lahirnya UGM yang berperan meningkatkan kualiatas SDM RI.
Airlangga: Jepang & AS Komitmen Investasi di RI US$ 2 Miliar
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Amerika Serikat dan Jepang telah berkomitmen investasi US$ 2 miliar.
0
Indonesia Kembangkan Industri Hijau Terbesar di Dunia
Presiden Jokowi mengatakan Indonesia sedang mengembangkan industri hijau terbesar di dunia yang terletak di Kalimantan Utara sesuai visi RI.