Airlangga: Jepang & AS Komitmen Investasi di RI US$ 2 Miliar

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Amerika Serikat dan Jepang telah berkomitmen investasi US$ 2 miliar.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto:Tagar/covid19.go.id)

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan, Amerika Serikat (AS) dan Jepang telah berkomitmen membenamkan investasi di Indonesia sebesar US$ 2 miliar atau Rp84,5 triliun.

Akhir November 2020 lalu, US IDFC sudah tanda tangan minat untuk investasikan USD2 miliar ke LPI.

Komitmen investasi ini, menunjukkan bahwa sejumlah negara di dunia percaya pemerintah Indonesia bisa menekan pandemi Covid-19. Meski saat ini angka kasus Covid-19 masih tinggi.

"Akhir November 2020 lalu, US IDFC sudah tanda tangan minat untuk investasikan USD2 miliar ke LPI," sebut Menko Airlangga pada Jumat, 11 Desember 2020.

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga menjelaskan, komitmen investasi dari United States International Development Finance Corporation (US IDFC) ini diteken oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara komitmen investasi dari Jepang, berasal dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sebesar US$ 4 miliar atau sekitar Rp56,4 triliun. Dengan demikian, total komitmen investasi dari dua lembaga tersebut ke LPI mencapai Rp84,5 triliun.

Sementara saat ini, pemerintah sedang mengebut penyelesaian Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) turunan Undang-Undang Cipta Kerja yang menjadi dasar pembentukan LPI tersebut. Pembentukan lembaga tersebut diharapkan bisa menjadi solusi untuk mendorong pemulihan ekonomi di tahun depan.

"LPI bertujuan mengelola dana investasi yang berasal dari luar negeri dan dari dalam negeri sebagai sumber pembiayaan dan mengurangi ketergantungan terhadap dana jangka pendek," tegas Menko Airlangga. []

Berita terkait
Cerita Menko Airlangga Cari Vaksin Sejak Maret 2020
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menceritakan, vaksin Covid-19 yang telah datang hasil diplomasi yang baik antara Indonesia dan China.
Menko Airlangga: 38 Proyek Strategis Nasional Digarap 2021
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, 38 proyek strategis nasional akan dikerjakan pada tahun 2021 dengan nilai Rp 464,6 triliun.
Menko Airlangga: 5,9 Juta Orang Sudah Terima Kartu Prakerja
Penerimaan program Kartu Prakerja sampai saat ini sudah mencapai 5,9 juta orang dari total 43 juta pendaftar.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.