UNTUK INDONESIA
Susunan Kabinet Kerja, Ma'ruf Amin: Masih Disempurnakan
Wakil Presiden terpilih Maruf Amin mengatakan susunan Kabinet Kerja periode 2019-2024 belum dapat diumumkan kepada publik.
Wakil Presiden terpilih KH Maruf Amin memberikan sambutan pada acara peluncuran buku "The Maruf Amin Way" di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Jakarta - Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin mengatakan susunan Kabinet Kerja periode 2019-2024 belum dapat diumumkan kepada publik. Sebab, penyusunan struktur kabinet masih dalam proses penyempurnaan.

"[Kabinet] sekarang masih disempurnakan-disempurnakan," ujar Ma'ruf di Jakarta, Minggu, 13 Oktober 2019 seperti dilansir dari Antara.

Ma'ruf meminta publik untuk lebih bersabar menanti pengumuman nama-nama menteri yang masuk dalam Kabinet Kerja Presiden terpilih Joko Widodo bersama dirinya. Bila saatnya sudah tepat, dia berjanji akan mengumumkan nama-nama menteri jajaran kabinetnya secara terbuka di hadapan masyarakat.

"Nanti lah kalau sudah saatnya. Tunggu saja," ucap Ketua Majelis Ulama Indonesia itu.

Sementara itu, terkait pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Ma'ruf mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk hadir dalam pelantikan pada 20 Oktober mendatang.

 "Ya persiapan dilantik saja," ucap dia.

[Kabinet] sekarang masih disempurnakan-disempurnakan.

Pada 20 Oktober 2019, Majelis Permusyawaratan Rakyat akan menggelar pelantikan terhadap Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil pemilihan umum 2019.

Kendati ada usulan pelantikan presiden dan wapres dipindahkan ke hari Sabtu, 19 Oktober 2019 Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 tidak akan berubah. Pelantikan tetap digelar pada 20 Oktober 2019.

Pelantikan akan digelar sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Pelantikan sesuai jadwal yang sudah diputuskan oleh KPU karena periode DPR dan periode itu sudah fix lima tahunan," kata dia. []

Berita terkait
Relawan Jokowi Respons Prabowo-Fadli Zon Jadi Menteri
Relawan Jokowi menanggapi rumors soal masuknya Prabowo Subianto dan Fadli Zon sebagai Menteri Kabinet Kerja II yang merupakan hak prerogatif RI-1.
Permintaan Jatah Menteri Coreng Wajah Partai Gerindra
Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang Ahmad Atang mengomentari permintaan jatah menteri Partai Gerindra kepada Presiden Joko Widodo.
Ada Menteri Asal Papua di Kabinet Jokowi Jilid II
Presiden Jokowi memastikan ada orang asli Papua yang akan menjadi menterinya di Kabinet Kerja jilid II.
0
Dua Kakek Setubuhi Anak di Takalar Sul-Sel Diciduk
Dua kakek di Takalar Sulawesi Selatan ditangkap polisi karena tega memperkosa anak di bawah umur berulang kali.