UNTUK INDONESIA

Susah Move On? 8 Cara Ampuh Melupakan Mantan

8 cara yang dapat membantumu melupakan mantan.
Ilustrasi susah move on. (Foto: Tagar/pexel)

Jakarta – Akhir dari sebuah hubungan memang tidak mudah, awalnya kamu akan merasa sedih, sakit, atau bahkan marah. Sebagian orang mengatakan patah hati rasanya seakan dunia berakhir namun sebenarnya rasa sakit itu cuma hadir sementara nantinya rasa sakitnya akan hilang dan kamu akan menemukan kembali cinta yang baru.

Rasanya wajar kamu merasakan kecewa, saat hubungan yang telah kamu bangun dengan seseorang yang kamu anggap penting di hidupmu berakhir rasanya sama saja seperti kehilangan separuh hidupmu bukan? Hidupmu setelahnya mungkin akan terasa berbeda.

Dengan berakhirnya hubunganmu dengan pasangan, sebenarnya itu merupakan waktu yang tepat untuk kamu belajar dari pengalaman. Sehingga kamu lebih memahami mengapa hubungan yang sudah dibangun tak berhasil, kamu akan mengetahui apa yang kamu mau dari suatu hubungan dan dengan begitu hubungan selanjutnya akan berhasil.

Berikut melansir dari Very Well Mind terdapat 8 cara ampuh untuk melupakan mantan:

1. Nikmati waktumu

Melupakan mantan membutuhkan proses dan tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Jangan sampai kamu sengaja menjalani hubungan baru dengan seseorang padahal hubungan percintaanmu baru saja berakhir.

Menjalani hubungan atau kencan dengan orang baru tidak akan menyembuhkan luka apalagi melupakan mantanmu. Maka dari itu, sesulit apapun kamu harus menghadapi perasaanmu dengan cara yang jujur dan efektif yang tentu saja prosesnya tidak mudah.

Perlu banyak waktu, energi, dan juga kerja keras untuk memproses perasaan dan juga emosimu. Meski begitu, nantinya kamu akan menjadi lebih kuat dan lebih baik dari sebelumnya, jadi nikmati saja waktumu dulu.

2. Jujurlah dengan perasaanmu

Jujur mengenai perasaanmu sendiri merupakan hal yang penting, jangan sampai kamu mengabaikan perasaanmu. Jika kamu merasa sakit hati maka biarkan diri kamu merasakannya. Memang tidak ada yang ingin merasakan rasa sakit. Namun dengan kamu merasakan bagaimana hubunganmu berakhir dengan mantanmu maka kamu akan dapat mengarahkan emosimu dengan cara yang tepat.

3. Bicara dengan teman

Saat putus cinta kamu pastinya merasa sakit hati dan kaget entah karena penolakan atau pengkhianatan, perasaan tersebut sulit apabila dihadapi sendirian. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu berbicara dengan teman. Pastikan kamu tidak memikirkan mantanmu setiap kali berbicara, kamu bisa menanyakan tentang kehidupan temanmu dengan tulus.

Jika kamu merasa membutuhkan dukungan lebih dari sekedar teman, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk berbicara dengan terapis, konselor, atau, pemuka agama.

4. Hapus mantan dari media sosial

Kebiasaan menguntit atau stalking media sosial mantan pasanganmu justru akan memperparah keadaan. Saat kamu melihat postingan fotonya tersenyum dan terlihat bahagia yang ada justru hatimu yang terluka, yang tadinya sudah membaik justru lukanya kembali terbuka.

Maka dari itu kamu bisa memulai untuk berhenti mengikutinya di media sosial dan menghapus semua akunnya. Meski keinginan untuk mengetahui kegiatan mantan dan dengan siapa dia menghabiskan waktu sangat besar, istirahat dari hal-hal tersebut bisa membantu penyembuhan hatimu.

5. Buat daftar kesalahan mantan

Setelah putus kebanyakan orang akan memikirkan hal-hal baik mengenai mantannya dan apa yang dirindukannya. Dengan melakukan hal itu, tentu akan mengganggumu untuk move on. Maka dari itu kamu perlu mengingat hal-hal yang membuat dirimu dan mantan tidak cocok

Luangkan waktumu untuk menulis hal-hal yang mengganggumu mengenai mantan mulai dari hal kecil hingga hal besar. Contohnya jika mantanmu berselingkung atau tidak tertarik untuk membicarakan masa depan maka itu bisa menjadi pengingat mengapa hubunganmu tidak berhasil.

6. Jaga dirimu dengan baik

Hubunganmu berakhir dengan pasangan bukan berarti kamu tidak berharga atau tidak layak dicintai. Kamu harus berfokus pada dirimu, jaga dirimu dengan baik luangkan waktu untuk memanjakan diri seperti mendapatkan pijat, membaca buku, atau menikmati secangkir cokelat hangat. Lakukan apapun yang bisa membuatmu terhibur.

7. Hilangkan kebencian dan kesalahan

Menyimpan rasa marah dan kebencian tentunya tidak baik untuk kesehatanmu. Maka dari itu, lepaskan amarah dan kesalahanmu. Katakan pada dirimu bahwa memaafkan bukan tentang melupakan melainkan ini mengenai membela dirimu untuk dapat melupakan mantan. 

Ketika kamu menyimpan rasa marah atau kebencian karena atas tidak berhasilnya hubunganmu justru yang ada kamu malah terikat dengannya. Itu mengapa lebih baik sekarang untukmu melepaskan amarah dan tidak menyalahkannya. Lebih baik kamu fokus tentang apa yang kamu inginkan untuk berbeda kedepannya.

8. Move on

Tidak ada yang namanya satu orang untukmu, adanya kencan atau hubungan adalah mengenai membuat pilihan dan ada banyak orang untuk dipilih. Jika kamu sudah siap untuk menjalani hubungan yang baru jangan biarkan dirimu jatuh dalam perangkap dan secara cepat percaya bahwa orang tersebut merupakan belahan jiwamu. []

Berita terkait
Tips Mengatasi Patah Hati Saat Putus dengan Pacar
Patah hati kerap membuat dunia berasa berakhir, segala cara pasti dilakukan supaya perasaan itu hilang.
Museum Patah Hati Kroasia Bikin Susah Move On
Museum of Broken Relationships atau museum patah hati terletak di antara Gereja Saint Mark dan Saint Catherine di Zagreb, Kroasia.
Tujuh Cara Patah Hati Merusak Kesehatan Anda
Reaksi terhadap putus hubungan berbeda dari orang ke orang. Berikut tujuh cara patah hati merusak kesehatan Anda.