Survei: Zul Elfian-Dhani Paling Unggul di Pilkada Kota Solok

Elektabilitas pasangan calon Zul Elfian dan Ramadhani Kirana Putra paling unggul di Pilkada Kota Solok 2020.
Zul Elfian dan Ramadhani Kirana Putra, calon wali kota dan wakil wali kota Solok di Pilkada 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Solok - Elektabilitas dan tingkat popularitas pasangan calon (paslon) Zul Elfian bersama Ramadhani Kirana Putra, paling unggul dibanding 3 kandidat peserta Pilkada Kota Solok 2020 lainnya.

Visi Misi dan program yang diusung menjadi alasan paling realistis bagi masyarakat untuk memberikan dukungan terhadap Zidane.

Duet yang disingkat dengan Zidane menempati posisi elektabilitas di angka 31,8 persen. Data itu berdasarkan rilis hasil survei yang dikeluarkan lembaga survei Liberte Institut yang tercatat sebagai lembaga survei resmi di KPU Kota Solok.

"Survei ini kami lakukan sejak tanggal 22 sampai 31 Oktober 2020. Jumlah respondennya berbeda di 13 kelurahan dan 2 kecamatan di Kota Solok," kata Direktur Eksekutif Liberte Institut, Minggu, 1 November 2020.

Posisi kedua ditempati pasangan Yutris Can - Irman Yefri Adang dengan perolehan angka 27,8 persen. Selanjutnya disusul pasangan calon Reinier - Andri Maran di angka 20,7 persen. Sedangkan juru kunci dipegang Ismael Koto - Edi Chandra dengan elektabilitas 16,7 persen.

"Visi Misi dan program yang diusung menjadi alasan paling realistis bagi masyarakat untuk memberikan dukungan terhadap Zidane," katanya.

Selain itu, dari hasil survei tersebut, Ramadhani Kirana menempati posisi paling tinggi disukai masyarakat Kota Solok. Angka akseptabilitas calon wakil wali kota itu mencapai 63 persen.

"Tingkat popularitas baik nama maupun wajah, Zul Elfian memang yang paling unggul di antara kandidat lainnya," katanya.

Calon wali kota Solok Zul Elfian mengaku bersyukur dengan kabar baik tersebut. Namun baginya, dukungan masyarakat ini menjadi pelecut agar capaiannya kelak jika terpilih memimpin kembali Kota Solok.

"Alhamdulillah, masyarakat menginginkan kami untuk memimpin Kota Solok periode mendatang. Ini momentum untuk melanjutkan program-program yang telah dibangun lima tahun sebelumnya," kata kandidat petahana itu.

Menurutnya, masih banyak program pembangunan prioritas yang masih perlu dilanjutkan. Tidak saja soal infrastruktur, namun tentang bagaimana menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

Senada dengan itu, Dhani mengaku bakal mendukung penuh program-program yang telah dibangun Zul Elfian di periode 2015-2020. Serta, melengkapi semangat untuk membangun Kota Solok menjadi lebih baik.

"Visi misi dan program yang diusung bapak Zul Elfian sebelumnya sudah cukup baik untuk masyarakat. Ini perlu dilanjutkan dan tentunya akan lebih ditingkatkan," katanya.

Untuk diketahui, pasangan Zul Elfian - Dhani ini diusung oleh Partai Nasdem, PAN dan PKS. []

Berita terkait
Dua Pasien Corona di Kota Solok Meninggal Dunia
Dua pasien corona di Kota Solok dilaporkan meninggal dunia.
Aksi Nekat Warga Solok Mencuri Kotak Amal di Bukittinggi
Seorang warga Solok nekat mencuri kotak amal sebuah mushalla di Kota Bukittinggi, Rabu, 28 Oktober 2020. Polisi menyelidiki dan mendalami motifnya.
RSU M Natsir Kota Solok Punya Masjid Senilai Rp 1,5 Miliar
RSU M Natsir Kota Solok kini punya masjid megah yang pembangunannya menelan anggaran Rp 1,5 miliar.
0
Pancasila, Nilai Luhur Bangsa Penuntun di Kegelapan
Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan perasan dari nilai kehidupan bangsa yang bisa menuntun seluruh anak bangsa untuk berfikir dan bersikap.