Survei LSI Sebut Demokrat dan PKB Jadi Penentu di Pilpres 2019

Survei LSI Denny JA, memperkirakan Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal menjadi penentu dalam Pilpres 2019.
Pemilu 2019

Jakarta, (Tagar 24/1/2018) - Peneliti lembaga survei LSI Denny JA, Rully Akbar memperkirakan Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menjadi partai penopang yang bakal menjadi penentu dalam Pilpres 2019.

"Demokrat dan PKB akan menjadi penopang dalam Pilpres," ujar Rully Akbar di Jakarta, Rabu (24/1).

Prediksi tersebut mengacu pada hasil survei yang dilakukan LSI Denny JA, yang menunjukan Demokrat dan PKB sebagai partai papan tengah di bawah PDIP, Golkar dan Gerindra dari sisi elektabilitas.

Dalam survei LSI Denny JA, lima partai yang memiliki elektabilitas tertinggi berturut-turut yakni PDIP 22,2 persen, Golkar 15,5 persen, Gerindra 11,4 persen, Demokrat 6,2 persen, dan PKB 6,0 persen.

Sebagai partai papan tengah, Demokrat serta PKB diperkirakan bakal menentukan persaingan Pilpres partai tiga teratas.

Menurut Rully, Demokrat memiliki keunggulan lantaran pernah menjadi partai penguasa dan memiliki sosok Agus Harimurti Yudhoyono yang dapat ditonjolkan.

Sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa merupakan partai yang memiliki basis massa Nahdlatul Ulama yang dapat mendongkrak elektabilitas capres 2019. PKB juga identik dengan Gus Dur. (Fet/Ant)

Berita terkait
0
Bisnis Stabil di Tengah Krisis dengan 4 Tips ini, Fokus Nomor 3
Pelaku usaha perlu melakukan evaluasi, inovasi, dan personal branding yang bagus di mata masyarakat.