UNTUK INDONESIA

Surga Tersembunyi di Pulau Derawan Kalimantan Timur

Indonesia kaya keindahan alam, terutama lautan. Pulau Derawan, destinasi di Kalimantan memiliki perairan indah. Konon disebut surga tersembunyi.
Salah satu potret pengunjung berasama keindahan bawah laut Pulau Derawan. (Foto : Instagram/kelvinefendy_)

Jakarta – Pulau Derawan memiliki julukan sebagai Pristine Island dengan maksud tempat yang keasriannya masih sangat terjaga. Tempat ini menarik perhatian wisatawan dalam maupun luar negeri karena keindahannya.

Lokasi Pulau Derawan berada di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencapai tempat ini yaitu, melalui jalur udara dan darat.

Baca Juga:

Perlu dipastikan saat mengunjungi Pulau Derawan, pengunjung memiliki dana yang cukup besar. Mulai dari transportasi menuju lokasi saja harga yang perlu dikeluarkan kurang lebih sekitar 2-3 juta ke atas. Sedangkan untuk penginapan di Pulau Derawan harga yang dipatok mulai dari Rp 600.000.

Tetapi itu semua akan terbayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Jika berkunjung ke pulau ini juga terdapat fasilitas tour travel yang akan lebih memudahkan pengunjung.

Pulau ini awalnya merupakan sebuah desa yang dikonsep sebagai desa wisata dengan menuntut para penduduk untuk sadar menjaga kebersihan serta kelestarian alam. Kini Pulau Derawan pun dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang asri hingga konon disebut surga tersembunyi. Ketika menginjakan kaki pertama kali di Pulau Derawan, pengunjung disambut dengan hamparan pasir putih yang membentang pada pinggiran birunya air.

Pulau DerawanTerdapat beberapa penyedia jasa travel untuk mengunjungi pulau ini. (Foto : Instagram/pesona.travel_id)

Untuk menikmati keindahan dan keasrian perairan Pulau Derawan, terdapat beberapa aktivitas laut yang bisa dilakukan pengunjung. Contohnya seperti diving dan snorkeling.

Ketika melakukan aktivitas dalam air, pengunjung akan menemukan berbagai macam terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang merupakan salah satu kekayaan perairan Pulau Derawan. Konon katanya terdapat terumbu karang dan ikan-ikan langka yang terkadang muncul dengan jumlah yang cukup banyak.

Hal ini dikarenakan penduduk asli pulau tersebut sangat menjaga ekosistem bawah laut. Membawa kamera atau berswafoto untuk mengabadikan momen saat berlibur ke Pulau Derawan menjadi salah satu hal yang sudah pasti dilakukan oleh pengunjung.

Pulau DerawanPotret salah satu pengunjung dengan berlatar belakang sunset di Pulau Derawan. (Foto : Instagram/keepenchanted)

Keindahan pulau ini tidak hanya dinikmati saat sunrise hingga sunset saja, melainkan juga pada malam hari. Di pulau ini, terdapat penangkaran penyu hijau.

Jika sedang beruntung, pengunjung yang datang ke pulau ini saat hari penetasan penyu dapat melihat prosesnya pada malam hari. Penyu-penyu tersebut biasanya menetas setelah 50 hari.

Selain itu, tidak perlu merasa enggan untuk saling sapa dengan penduduk asli Pulau Derawan yaitu, warga Suku Bajau. Mereka sangat ramah dengan pengunjung yang datang untuk berlibur ke Pulau Derawan.

Baca Juga:

Mereka juga menyediakan barang-barang souvenir yang diperjualkan kepada pengunjung. Souvenir untuk oleh-oleh ini merupakan hasil karya Suku Bajau. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Rp 50.000.

Usai membeli oleh-oleh, rasanya tidak lengkap jika belum berfoto saat menjelang sunset di pinggir pantai. Walaupun Indonesia memiliki berbagai macam pantai di setiap pulaunya, pesona masing-masing sunset pinggir pantainya akan terasa berbeda. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Memburu Spot Foto Sunset di Abdya Aceh
Menikmati pesona sunset di Komplek Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujoeng Seurangga Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya, Aceh.
Spot Foto Keren di Wisata Hutan Pinus Pengger Bantul
Spot foto menawan menjadi daya tarik wisatawan, salah satunya Wisata Hutan Pinus Pengger Bantul. Pengelola wisata ini terus berbenah agar menawan.
Ada Spot Foto Instagramable di Sunset Surf Lhoknga
Kawasan Aceh Besar memang menyimpan berbagai destinasi wisata alam yang begitu mempesona
0
Surga Tersembunyi di Pulau Derawan Kalimantan Timur
Indonesia kaya keindahan alam, terutama lautan. Pulau Derawan, destinasi di Kalimantan memiliki perairan indah. Konon disebut surga tersembunyi.