UNTUK INDONESIA
Sungai Cibodas Meluap Jalan di Majalengka Putus
Air Sungai Cibodas di Majalengka, Jawa Barat, meluap dan memutus jalan raya utama Cibodas-Nunuk
Jalan Cibodas-Nunuk putus akibat tergerus luapan air dari sungai Cibodas. (Foto: Tagar/Charles)

Majalengka - Hujan deras yang mengguyur wilayah Majalengka, Jawa Barat, pada Jumat 24 Januari 2020 pada pukul 17.00 menyebabkan air di sungai Cibodas meluap dan mengikis ruas jalan utama Cibodas - Nunuk sehingga menyebabkan jalan itu putus.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono melalui Kapolsek Majalengka Kota AKP Kustadi menuturkan, jalan Raya Cibodas-Nunuk sepanjang 15 kilometer terkikis oleh luapan air yang menyebabkan jalan yang menghubungkan dua desa itu putus sejak Jum'at sore.

Jalan putus itu tepatnya di Blok Cibodas RT 001/RW 001 Desa Cibodas, Kecamatan Majalengka. Kustadi mengatakan, debit air yang tinggi akibat hujan deras sore tadi, telah menyebabkan air meluap dan mengikis badan.

"Telah terjadi luapan air sungai Cibodas yang mengakibatkan terkikisnya jalan raya Cibodas-Nunuk baru tepatnya di Desa Cibodas, kecamatan dan Kabupaten Majalengka sejak pukul 17.00 tadi dan mengakibatkan jalan putus," tutur Kustadi, Jum'at, 24 Januari 2020, malam.

Akibat putusnya jalan penghubung dua desa di Kecamatan Majalengka itu, kendaraan roda dua maupun mobil tidak dapat melintas." Untuk sementara arus lalu lintas dari Cibodas-Nunuk maupun sebaliknya dari Nunuk-Cibodas dialihkan ke jalan Desa Cibodas," jelas Kustadi.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun luapan air sungai Cibodas telah menyebabkan kerugian materi yang diperkirakan mencapai Rp 200 juta. "Diperkirakan kerugian materi sekitar Rp 200 juta itu termasuk jalan yang rusak ini," kata Kustadi.

Polisi telah memasang rambu lalu lintas di lokasi jalan putus tersebut. Selain itu Polisi juga meminta warga setempat untuk selalu waspada mengingat saat ini masih memasuki puncak musim hujan. []

Berita terkait
Anak Bupati Majalengka Mangkir Dipanggil Polisi
Anak Bupati Majalengka Karna Sobahi, Irfan Nur Alam, menyandang status tersangka penembakan. Dia mangkir panggilan polisi diwakilkan kuasa hukum.
0
Stok Logistik Dapur Umum di Tangerang Menipis
Dapur umum yang melayani korban banjir di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten, mulai kekurangan logistik