UNTUK INDONESIA
Sumiati, Hantu Legend di Makassar
Bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan cerita tentang hantu Sumiati sangat familiar. Berikut kisahnya.
Poster film Sumiati. (Foto:Ist)

Makasar – Bagi masyarakat yang bermukim di Makassar atau Sulawesi Selatan, cerita mistis tentang keberadaan hantu urban legend yang terkenal pada era 90-an tidak asing lagi dengan kisah hantu Sumiati, nama yang umum digunakan di Pulau Jawa.

Cerita awal munculnya kisah Sumiati dimulai pada saat sekelompok pelajar yang kesurupan di daerah Hutan Lindung, Karaenta, Kabupaten Maros. Saat itu ada seorang pelajar yang kesurupan dan menunjuk ke arah hutan lindung tersebut. Lalu warga setempat melihat sosok hantu wanita ini di bawah pohon besar. Sejak saat itu banyak warga yang melihat penampakan hantu yang sama di tempat tersebut.

“Banyak pengakuan warga yang juga melihat penampakan hantu tersebut di pinggir jalan dan bangku taman saat tengah malam, serta beberapa tempat di Kota Makassar,” kata Basri, seorang warga Makassar.

Basri menambahkan, seringnya Sumiati menghantui orang-orang yang pekerjaannya sebagai tukang becak dan sopir antar kota di Makassar berawal dari kisah hidupnya yang berjalan tragis. Sumiati yang bertolak ke Makassar untuk mengubah hidup seorang diri tanpa pengawalan dihampiri oleh nasib sial.

Suatu malam di Kota Makassar Sumiati yang berjalan sendiri, lantas disekap oleh kawanan pemuda yang kebetulan bertemu dengannya di jalan. Suasana yang sangat sepi dan sunyi membuat Sumiati tidak berdaya untuk meminta pertolongan.

Malam itu, kehormatannya direnggut oleh sekawanan pemuda, dan setelah diperkosa, pemuda itu menyeret Sumiati naik ke atas mobil, dan bergegas membawa Sumiati ke sebuah tempat untuk dibuang (Hutan Lindung, Karaenta). Selama perjalanan, Sumiati pun mengetahui kalau pemuda-pemuda itu merupakan tukang becak dan sopir angkutan kota yang ada di Makassar. Kala itu, dia memang masih dalam keadaan hidup dan sadarkan diri.

“Dalam perjalanan menuju pembuangan, Sumiati kabarnya sempat mencoba melawan dalam sekapan para pemuda itu. Hingga akhirnya, salah seorang dari mereka tak sengaja membunuhnya. Dan mayatnya dikuburkan sekenanya. Menemui ajal dengan cara tak wajar, mungkin Sumiati tak terima,” kata Basri.

Sehingga lanjut Dia, arwahnya jadi tidak tenang dan terus berkeliaran di kota Makassar mencari pemuda-pemuda yang pernah menghancurkan mimpi-mimpi masa mudanya. Dia mengincar pemuda-pemuda yang bekerja sebagai tukang becak dan sopir-sopir angkutan kota yang memiliki persamaan dengan kawanan pelaku pembunuhannya. Sejak saat itulah, kota Makassar menjadi gempar.

Dua Pertanda, Putih atau Merah

Kabar yang beredar di masyarakat Makassar ialah bahwa hantu Sumiati sebenarnya tidak berbahaya apabila dia menampakkan dirinya dengan pakaian yang serba putih.

Mitosnya, itu dilakukannya hanya untuk memberitahu keberadaannya ada di tengah-tengah masyarakat.

Namun, jika Sumiati mengenakan pakaian yang serba merah. Konon kalau Sumiati dalam wujud seperti itu, menandakan bahwa ada korban yang sedang di incarnya. Manusia yang melihat sosok Sumiati dalam balutan busana merah akan mendapatkan musibah. Entah kematian, kecelakaan, atau hal buruk lainnya.

“Sumiati lebih banyak meneror para pria berbaju merah. Sebab, salah satu pelaku pemerkosa kala itu mengenakan baju merah,” tambah Basri.

Diangkat ke Layar Lebar

Di tahun 2015 lalu, kisah hidup Sumiati dijadikan sebuah film dan dirilis di sejumlah bioskop Tanah Air. Film ini disutradarai, Syahrir Arsyad atau biasa juga dipanggil Rere Art2Tonic, mendapat respon yang bagus dari berbagai pihak, termasuk para kritikus film.

Rere saat itu kepada media berujar bahwa dalam film ini ada pesan moral yang ingin disampaikan, yakni mengenai makna sebuah keikhlasan. Ada beragam versi legenda Sumiati di masyarakat, perbedaan terletak pada cara kematiannya.

Seperti yang tersebut di atas, Sumiati diceritakan meninggal lantaran tak sengaja dibunuh oleh para pemerkosanya. Namun di film ini, dikisahkan Sumiati meninggal gantung diri karena frustasi setelah diperkosa tadi.

Mau percaya yang mana, atau nggak percaya semuanya ya terserah kamu. Namanya juga legenda. []

Baca juga:

Berita terkait
Bangunan di Makassar yang Terkenal Angker
Makassar selain dikenal sebagai kota wisata dan kuliner, juga dikenal sebagai kota yang menyimpan berbagai tempat yang angker
Polisi Tembak Pembobol Rumah di Makassar
Tim Jatanras Polrestabes Makassar berhasil menangkap komplotan pelaku tindak pidana pencurian yang biasa membobol rumah kosong di Makassar
Spesialis Pencuri di Rumah Sakit Makassar Ditangkap
Seorang wanita tomboy ditangkap polisi di Makassar karena sering melakukan pencurian di berbagai kantor dan rumah sakit di kota Makassar
0
Kabut Asap Kebakaran Hutan Mulai Mengepung Aceh
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Pulau Sumatera mulai meluas ke Banda Aceh. Diharapkan masyarakat memakai masker.