Jakarta, (Tagar 11/9/2018) - Super Junior populer dengan sebutan Suju kelompok band Korea dengan banyak penggemar milenial Indonesia, mengunggah foto mereka bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo di akun Instagram.

Bersama unggahan foto pada Selasa (11/9) itu dilengkapi keterangan: "Pertemuan antara Presiden Indonesia dan Super Junior. Pada hari ini, Presiden Joko Widodo memuji penampilan Super Junior di upacara penutupan Asian Games 2018. Inilah yang kami sebut Diplomasi Super Junior."

Unggahan foto itu dan beberapa foto lain bersama Jokowi, termasuk video, dengan cerita di balik foto dan video di media sosial Super Junior disambut tagar #DaebakJokowi yang kemudian menggema di seluruh dunia dan menjadi trending Twitter.

Netizen Tomi Lebang mengomentari pertemuan Jokowi dan Suju di akun Facebook-nya:

"Super Junior datang ke Jakarta seminggu yang lalu, tampil di panggung semarak acara penutupan Asian Games 2018, ketika Presiden Joko Widodo sedang mengunjungi korban bencana di Lombok. Mereka tak bertemu muka.

Kini, Jokowi bertandang ke negeri SUJU, Korea Selatan, dan Siwon dkk pun datang beranjangsana, dengan oleh-oleh sepaket album lagu bertanda tangan para anggota boyband ternama K-Pop itu.

Gamsahamnida...."

Album Super JuniorAlbum Super Junior bertanda tangan Presiden Joko Widodo dan juga tanda tangan seluruh personel Super Junior. (Foto: Instagram/Super Junior Zone)

Sebelumnya, Senin (10/9) Presiden Jokowi berkunjung ke Korea Selatan untuk mengadakan pertemuan bilateral di kantor kepresidenan Cheong Wa Dae, Seoul.

Keesokan harinya Yesung personel Suju mengunggah sebuah video singkat saat Presiden Jokowi mengajari para member Super Junior melakukan goyang dayung.

"Terima kasih," tulis Yesung bersama unggahan video tersebut.

Netizen Tomi Lebang bukan hanya mengomentari pertemuan Jokowi-Suju, ia juga mengomentari momen Presiden Jokowi memberikan kuliah umum di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), di Seoul, Korea Selatan.

"Bangga melihat Presiden Joko Widodo memberikan kuliah umum bagi para mahasiswa di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), di Seoul, Korea Selatan, hari ini.

Selain Jokowi, di podium ini pernah berdiri Presiden Barrack Obama, Presiden Mikhail Gorbachev, dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Mahasiswa dan pengajar universitas membludak hadir, sebagian harus duduk di lantai.

Untuk mereka, Jokowi memberi kesempatan berswafoto. Rame-rame dan bergembira. Tak ada yang cemberut dan sakit hati."

Jokowi di Hankuk UniversityPresiden Joko Widodo saat memberikan kuliah umum di Hankuk University, Korea Selatan. (Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

Pada hari pertama di Korea Selatan, Senin (10/11) Presiden Joko Widodo membuat catatan di laman Facebook-nya:

"Tak biasanya Istana Changdeok di Seoul, Korea Selatan, menjadi lokasi penyambutan tamu negara Korea Selatan. Istana tua yang berdiri sejak 600 tahun lalu ini adalah situs warisan dunia UNESCO.

Di sanalah saya dan Ibu Negara disambut dengan begitu hangat dan ramah oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta Ibu Negara Kim Jung-sook, siang tadi.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dan tarian Selamat Datang Hyang-ak-jeong-jae dipertunjukkan sesaat setelah kami melewati gerbang istana.

Setelah perkenalan antara masing-masing delegasi, kami kemudian menuju Secret Garden Area untuk berbincang ringan dengan suguhan teh.

Kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan ini bertepatan dengan 45 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan, sekaligus membalas lawatan Presiden Moon Jae-In ke Indonesia tahun lalu."

Disamping acara resmi kenegaraan, Presiden Jokowi menyempatkan pertemuan dengan Super Junior, dan ini bagaikan magnet yang menjelma #DaebakJokowi yang artinya 'Keren Jokowi' trending di Twitter. []