UNTUK INDONESIA
Sudah New Normal, Mengapa Jokowi Masih Rapat Virtual
Jokowi kembali menggelar ratas secara virtual setelah pada era new normal setiap rapat kenegaraan dilakukan secara langsung.
Jokowi. (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat terbatas (ratas) bersama Komite Penanganan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19. Ratas hari ini, Senin, 27 Juli 2020 kembali digelar secara virtual.

Diketahui, dalam beberapa kesempatan terakhir, khususnya setelah pemberlakuan new normal, ratas presiden serta bersama para Menteri di Istana, sudah mulai digelar secara tatap muka, tidak secara virtual.

Tatap muka tetap ada, jadi melihat waktu Bapak Presiden jika padat maka lebih efisien, vicon (video confrence).

Dijelaskan pihak Istana melalui Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang menjelaskan bahwa rapat virtula kali ini kembali digelar dengan alasan efisiensi. Di samping itu, kata dia, model rapat seperti ini juga sudah dijadwalkan pihak dari Sekretaris Kabinet.

"Lebih efisien dan tentunya terjadwal dari Seskab memang sudah video confrence," kata Heru kepada wartawan, Senin, 27 Juli 2020.

Baca juga: Jokowi Teken PP Perlindungan WNI, HAM Hingga Terorisme

Heru menuturkan, nantinya juga ketentuan model rapat, apakah virtual atau juga digelar secara langsung atau tatap muka, akan mempertimbangkan jadwal dari Jokowi. Jika padat, kata Heru, maka kemungkinan rapat digelar secara virtual.

Meski demikian, ia menyebut, rapat tatap muka masih akan digelar jika jadwal Jokowi memungkinkan.

"Tatap muka tetap ada, jadi melihat waktu Bapak Presiden jika padat maka lebih efisien, vicon (video confrence). Dan tentunya akan ada jadwal rapat tatap muka juga," ucap Heru.

Seperti agenda sore ini, pukul 15.00 WIB akan digelar pelantikan gubernur sisa masa jabatan 2016-2021 yang akan dilakukan secara langsung. 

"Rapat virtual kan biasa dalam adaptasi kebiasaan baru. Nanti ada pelantikan, kehadiran fisik," ujarnya.

Baca juga: Tangani Covid-19, Jokowi Minta 8 Provinsi Difokuskan

Sebelumnya diberitakan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif terpapar Covid-19. Ia mengetahui bahwa dirinya dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis sore, 23 Juli 2020, kemarin.

Sedangkan Achmad Purnomo sempat datang ke istana kepresidenan, untuk bertemu Presiden Jokowi. Namun, Jokowi bersama seluruh staf menyatakan telah melakukan swab test dan dinyatakan negatif Covid-19. []

Berita terkait
Jokowi: Tidak Ada Namanya Pembubaran Satgas Covid-19
Presiden Jokowi menegaskan, pembentukan Komite Penangananan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bukan berarti bubarkan gugus tugas.
IAAC Minta Jokowi Lanjutkan Penyederhanaan Birokrasi
Pembubaran lembaga negara harus didukung dan perlu dilanjutkan oleh Jokowi sebagai bentuk penyederhanaan birokrasi di tubuh institusi pemerintahan.
Jokowi Bersepeda Pagi Hari, Ini Sejumlah Manfaatnya
Presiden Jokowi kembali mengayuh sepedanya di area Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 25 Juli 2020. Ini manfaat bersepeda pagi hari.
0
Sudah New Normal, Mengapa Jokowi Masih Rapat Virtual
Jokowi kembali menggelar ratas secara virtual setelah pada era new normal setiap rapat kenegaraan dilakukan secara langsung.