UNTUK INDONESIA
Striker Everton Cetak Gol, Inggris Hajar Wales di Uji Coba
Inggris menghajar Wales di laga uji coba. Di laga itu, Inggris menurunkan banyak pemain debutan seperti Dominic Calvert-Lewin dan Jack Grealish.
Inggris menghajar Wales 3-0 di pertandingan uji coba di Stadion Wembley, London, Jumat, 9 Oktober 2020 dini hari WIB. Tampak striker Dominic Calvert-Lewin menyundul bola yang membobol gawang Wales. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Jakarta - Inggris menghajar Wales 3-0 di pertandingan uji coba di Stadion Wembley, London, Jumat, 9 Oktober 2020 dini hari WIB. Striker Everton Dominic Calvert-Lewin menjadi bintang setelah mencetak gol dalam debutnya. Performa gemilang juga diperlihatkan Jack Grealish di laga uji coba itu. 

Calvert-Lewin dan Grealish melakukan debut di tim nasional setelah menunjukkan performa gemilang di kompetisi Liga Premier Inggris. Mereka juga membawa klub ke papan atas klasemen.

Calvert-Lewin menjadikan Everton menduduki posisi puncak setelah meraih kemenangan pada 4 pertandingan pertama. Tak hanya itu, dia juga menjadi top skor Liga Premier bersama bintang Tottenham Hotspur Son Heung-min setelah mengemas 6 gol. 

Pemain yang melakukan debut atau mereka yang memang pantas dimainkan memiliki kesempatan untuk masuk tim

Sementara, performa Grealish tidak kalah ciamik di kompetisi. Gelandang yang sempat diincar Manchester United ini menjadi inspirator sukses Aston Villa dengan memenangi 3 laga pertama sehingga bisa bertengger di peringkat 2 klasemen. 

Terakhir, The Villans secara sensasional membantai juara bertahan Liverpool 7-2. Pencapaian yang mengesankan mengingat klub tersebut di musim lalu nyaris terdegradasi. 

Di pertandingan melawan Wales, mereka menunjukkan penampilan gemilang. Manajer Gareth Southgate memang bereksperimen dengan memberi kesempatan bermain kepada sejumlah pemain untuk melakukan debut. Selain mereka ada bek Wolverhampton Wanderers Conor Coady dan Bukayo Saka, gelandang Arsenal yang masih berusia 19 yang baru pertama kali diturunkan di tim senior.

Sebaliknya pemain inti seperti Harry Kane, Marcus Rashford sampai kiper Jordan Pickford tak dimainkan. Bahkan Southgate disebut menurunkan tim terlemah selama 44 tahun terakhir dalam sejarah timnas Inggris. Namun tim paling lemah itu justru menunjukkan performa maksimal di laga uji coba.

Southgate juga menyatakan bila pemain debutan tak sekadar tampil di laga uji coba. Mereka berpeluang mendapat tempat di tim utama bila menunjukkan konsistensinya. Menurut mantan bek Inggris ini semua pemain memiliki kesempatan sama masuk skuat The Three Lions

Tendangan Salto IngsPemain Inggris Danny Ings (tengah) melepaskan tendangan salto saat membobol gawang Wales di pertandingan uji coba di Stadion Wembley, London, Jumat, 9 Oktober 2020 dini hari WIB. Inggris menang 3-0 di laga itu. (Foto: Tagar/thesun.co.uk)

"Pemain yang melakukan debut atau mereka yang memang pantas dimainkan memiliki kesempatan untuk masuk tim. Dan, mereka melakukannya dengan baik di pertandingan ini," ujar Southgate seperti dikutip Evening Standard.  

"Tetap ada kompetisi untuk mendapatkan tempat di tim ini. Tidak hanya pemain yang saat ini masuk skuat tetapi mereka yang saat ini tidak dipanggil," kata dia lagi. 

Calvert-Lewin Tunjukkan Penampilan Bagus 

Di laga itu, Calvert-Lewin menunjukkan penampilan bagus seperti di klub. Dirinya membuka kemenangan Inggris setelah menyelesaikan umpan dari Grealish melalui sundulan di menit 26. 

Inggris baru bisa menambah gol di babak ke-2. Kali ini, gol juara Piala Dunia 1966 ini dihasilkan Coady di menit 56. Dirinya meneruskan tendangan bebas Kieran Trippier dengan sepakan voli yang menaklukkan kiper Wayne Hennessey. 

Sedangkan gol ke-3 yang menutup kemenangan Inggris dicetak Danny Ings di menit 63. Menerima umpan lewat sundulan Tyrone Mings, pemain Southampton ini melakukan tendangan salto untuk membobol gawang Wales. Skor 3-0 bertahan sampai akhir laga. 

Usai uji coba, Inggris melakoni 2 laga di Nations League. Mereka menjamu Belgia dan Denmark di Liga A Grup 2. []

Berita terkait
Southgate Ditentukan Pencapaian Inggris di EURO 2020
Manajer Gareth Southgate sukses mengantarkan Inggris ke putaran final EURO 2020. Namun dirinya belum tentu dipertahankan samoai Piala Dunia 2022.
Inggris Hampir Lolos, Southgate Malah Kritik Pemain
Inggris kalahkan Kosovo 5-2 di kualifikasi EURO 2020, Rabu 11 September 2019 dini hari WIB. Tapi performa tim kecewakan manajer Gareth Southgate.
Southgate Bela Pemain, Inggris Gagal Karena Lelah
Manajer Inggris Gareth Southgate membela pemain yang melakukan blunder di semifinal UEFA Nations League melawan Belanda.
0
Politisi PKB Sebut BBKSDA Sumut Melindungi Perusak Ekosistem
BBKSDA Sumatera Utara dituding melakukan pembiaran terhadap aktivitas perkebunan kelapa sawit yang merusak ekosistem.