UNTUK INDONESIA
Stadion Bantul Untuk PSM, Bali United dan Persija
Stadion Sultan Agung, Bantul, hanya bisa dipakai 3 klub yang sudah memesan, PSM Makassar, Bali United dan Persija Jakarta untuk lanjutan Liga 1.
Stadion Sultan Agung, Bantul, hanya bisa dipakai 3 klub yang sudah memesan, PSM Makassar, Bali United dan Persija Jakarta untuk lanjutan Liga 1. Manajer Persija Bambang Pamungkas (tengah) saat melakukan audiensi dengan Bupati Bantul Suharsono meminta izin memakai SSA. (Foto: Tagar/Gading Persada)

Bantul - PSM Makassar bersama Bali United dan Persija Jakarta yang bisa memakai Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, sebagai home base mereka selama mengarungi Liga 1 2020 mulai 1 Oktober mendatang. Hanya 3 klub yang diizinkan bermarkas di SSA sehingga klub Liga 1 lainnya sudah tak bisa mem-booking stadion itu lagi. 

Stadion Sultan Agung bersama Stadion Maguwoharjo, Sleman, menjadi pilihan klub-klub yang hendak bermarkas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ini terkait dengan dipusatkannya kompetisi Liga 1 di Pulau Jawa. Sedangkan klub-klub yang berasal dari luar Jawa seperti Papua, Sulawesi, Bali, Kalimantan diminta untuk pindah ke DIY untuk sementara waktu. 

Di DIY sesungguhnya masih ada satu stadion lagi, Mandala Krida yang menjadi home base klub Liga 2, PSM Yogyakarta. Namun stadion itu masih berada dalam tahap akhir renovasi sehingga belum bisa digunakan. 

Kalau SSA sepertinya maksimal untuk 3 klub saja. Ini saja sudah cukup crowded

Stadion Sultan Agung atau lebih dikenal SSA pun sudah di-booking PSM, Bali United dan Persija. Klub terakhir tetap memindahkan markas di DIY meski berada di Jawa. 

Semua klub itu sudah mendapat izin dan bakal memakai SSA. Pihak pengelola pun memastikan stadion yang menjadi markas klub juara Stadion Sultan Agung, Bantul, hanya bisa dipakai 3 klub yang sudah memesan, PSM Makassar, Bali United dan Persija Jakarta untuk lanjutan Liga 1.Divisi Utama musim 2010, Persiba Bantul itu hanya bisa digunakan oleh 3 klub yang sudah mem-booking terlebih dahulu.

"Sampai saat ini baru Persija, Bali United dan PSM yang sudah menghubungi kami. Bahkan perwakilan mereka sudah beraudiensi dengan Bupati Suharsono. Dengan demikian, mereka yang akan menggunakan stadion ini," kata pengelola SSA, Bagus Nur Edy Wijaya kepada Tagar di Bantul, Senin, 7 September 2020.

Bagus yang juga Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul itu memperkirakan kalau SSA sudah tidak bisa menampung lagi jika ada klub lain yang ingin menjadikan stadion itu sebagai home base mereka. Pernyataan ini menjawab adanya kemungkinan klub Liga 1 lainnya, Barito Putera, juga ingin berbagi stadion dengan tiga klub lainnya. Meski tim besutan Djajang Nurjaman itu sedang menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta, namun mereka belum memastikan apakah bermarkas di Yogyakarta atau kota lain di Jawa.

"Kalau SSA sepertinya maksimal untuk 3 klub saja. Ini saja sudah cukup crowded. Untuk menyusun jadwal (pertandingan) saja susah," tutur Bagus.

"Kalau ada klub lain yang ingin memakai SSA, kami memang akan mempertimbangkan lagi. Namun sepertinya sudah tidak bisa karena 3 klub itu sudah maksimal itu. Kalau memang hendak memakai SSA seharusnya sudah jauh-jauh hari menghubungi kami," kata dia lagi.

Meski sudah ada 3 klub yang memesan SSA, namun pengelola masih menunggu komunikasi lanjutan dengan perwakilan Persija, PSM dan Bali United. Komunikasi lanjutan lebih pada kepastian kapan ketiga klub tersebut mulai menggunakan SSA.

"Kami sebagai pengelola pasif saja untuk kontak dari mereka. Kami menunggu konfirmasi dari mereka. Namun perawatan rutin stadion seperti pemupukan dan pemeliharaan rumput tetap kami lakukan. Dengan demikian, stadion benar-benar siap dan layak untuk pertandingan Liga 1," tutur dia.

"Yang pasti SSA hanya bisa digunakan untuk pertandingan dan uji lapangan. Kalau berlatih tidak diizinkan. Biasanya klub-klub mencari sendiri lapangan untuk berlatih mereka, tapi tergantung juga dengan lokasi penginapan mereka yang ditentukan operator liga. Kalau di Bantul, yang mendekati kriteria lapangan berlatih bagi klub-klub Liga 1 mungkin ada di Stadion Dwi Windu," ujar Bagus.

Bupati Izinkan 3 Klub Pakai SSA

Sebelumnya, wakil 3 klub melakukan audiensi dengan Bupati Bantul Suharsono pada awal Agustus lalu. Bupati pun menyambut gembira bila klub-klub Liga 1 akan memakai SSA untuk home base di kompetisi. Dia juga meminta manajemen ketiga klub untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul terkait teknis penggunaan stadion.

Baca juga:

Lanjutan Liga 1, Tiga Tim Bermarkas di SSA Bantul

Stadion Sultan Agung, Markas Anyar PSM Makassar

"Ada 3 klub yang sama-sama akan memakai SSA. Jadi koordinasi dahulu dengan dinas terkait. Ini mungkin terkait dengan jadwal penggunaannya mulai dari latihan hingga pertandingan. Biar tidak bertabrakan," kata Suharsono.

Bupati juga memberikan lampu hijau terkait rencana penggunaan SSA untuk home base Liga 1 yang dimulai 1 Oktober nanti hingga 28 Februari 2021. "Secara prinsip saya senang dan tidak keberatan. Silakan kalau SSA akan digunakan," ujar bupati. []

Berita terkait
Bupati Bantul Restui Stadion Sultan Agung Markas PSM
PSM Makassar mendapat restu Bupati Bantul, Suharsono, menggunakan Stadion Sultan Agung sebagai markas tim. PSM gunakan SSA saat Liga 1 digulirkan.
Temui Bupati, Stadion Sultan Agung Jadi Markas PSM
Manajemen PSM Makassar akan menemui Bupati Bantul untuk mendapat restu menggunakan Stadion Sultan Agung, Bantul, sebagai markas tim.
6 Tim Liga 1 Indonesia Pakai 2 Stadion di Yogyakarta
Dua stadion di DIY dipilih untuk kelanjutan Liga 1 Indonesia. Ada enam tim Liga 1 luar Jawa yang akan menggunakan dua stadion di Bantul dan Sleman.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.