Jakarta - Perusahaan layanan streaming musik asal Stockholm, Swedia, Spotify, baru saja meluncurkan fitur Kilas Balik atau Wrapped yang kini begitu populer di media sosial. Namun belum banyak yang tau jika aplikasi tersebut sedang menguji coba fitur baru, yakni stories layaknya Instagram.
Layanan musik streaming Spotify nampaknya tidak mau ketinggalan dengan usaha pembaruan yang dilakukan Twitter dan Instagram. Layanan pemutar audio digital itu baru-baru ini dikabarkan tengah memperkenalkan fitur stories di layanan mereka.
Namun begitu, berbeda dengan fitur stories di platform media sosial yang bisa digunakan seluruh pengguna, fitur baru di Spotify ini hanya bisa dipakai oleh para musisi atau kreator untuk keperluan promosi karya.
Pihak Spotify mengatakan bahwa fitur ini dibuat agar para musisi dapat terus terhubung dengan audiens mereka lewat momen yang dibagikan.
Seorang Youtuber gaming, TmarTn, mengungkapkan bahwa ia pertama kali menemukan fitur stories saat mencari playlist natal.
Ketika ia menemukan playlist Christmas Hits ia melihat sebuah petunjuk di foto profil playlist tersebut, saat itu di klik akan menampilkan antarmuka yang mirip dengan Instagram Stories.
Mengutip informasi dari laman Endgadget, Selasa, 1 Desember 2020, uji coba fitur stories ini terlihat di applikasi Spotify. Misalnya, dalam playlist Christmas Hits menampilkan video dari beberapa artis, seperti Jennifer Lopez, Kelly Klarkson, dan Pentatonix.
"Di Spotify, kami rutin melakukan sejumlah tes untuk meningkatkan pengalaman pengguna kami," ujar seorang juru bicara Spotify dalam sebuah pernyataan, dikutip Tagar, Selasa, 1 Desember 2020.
- Baca juga: Cara Membuat Spotify Wrapped 2020 untuk Dibagikan ke Medsos
- Baca juga: Podkesmas Rajai Chart Top 5 Global Podcast Spotify Lite
Saat ini, sejumlah tes yang dilakukan diklaim akan membuka jalan bagi para pengguna untuk pengalaman yang lebih luas. Belum ada informasi lebih lanjut tentang rencana ke depannya. []
(Cherryn Lagustya)