UNTUK INDONESIA
Spesialis Congkel Jok Motor di Tanah Datar Diciduk
Dua dari empat spesialis maling pencongkel jok sepeda motor diringkus di Tanah Datar.
Polisi menahan dua dari empat pelaku komplotan pencurian dengan cara mencongkel jok motor yang telah beraksi sejak tahun 2019 di wilayah hukum Polres Tanah Datar, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Dok. Polres Tanah Datar)

Tanah Datar - Polisi menangkap dua dari empat spesialis maling dengan cara mencongkel jok sepeda motor. Mereka diketahui telah beraksi sejak tahun 2019.

Dia sudah beraksi di 10 TKP, namun yang berhasil baru di lima TKP.

Keduanya berinisial IN, 47 dan SF, 52 tahun. IN ditangkap polisi ditangkap di Kota Padang, sementara SF diciduk Satuan Reskrim Polres Tanah Datar di kawasan Kabupaten Solok.

Kejadian itu terungkap setelah mereka menggasak uang dalam jok sepeda motor di salah satu toko baju di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Jumat, 10 Juli 2020.

"Pelaku sudah lebih dari satu kali beraksi dan laporan aksi pelaku ini masuk ke kami. Bahkan dia sudah beraksi di 10 TKP, namun yang berhasil baru di lima TKP," kata Wakapolres Tanah Datar, Kompol Eridal saat menggelar konfrensi pers di Polres Tanah Datar, Jumat, 24 Juli 2020.

Eridal menjelaskan, dari serangkaian aksi itu, para pelaku diketahui berhasil menggasak uang tunai total Rp 135,8 juta. Terbaru, mereka berhasil membawa kabur dompet berisi uang sebesar Rp 4 juta dan 30 emas serta satu unit gadget.

"Pelaku beraksi sebanyak empat orang, namun dua lainnya saat ini buron dan sudah masuk dalam target kami. Mereka sudah kami intai, tinggal tunggu waktu saja," katanya.

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku saling berbagi peran. Dua orang bertugas mengawasi pergerakan korban di lokasi kejadian, sementara dua orang lagi bertugas untuk mengeksekusi jok motor. Tindakan kejahatan itu sudah dilakukan sejak tahun 2019.

"Pelaku memanfaatkan kelengahan para korban yang sudah diincar pergerakannya. Korban dalam kasus ini didominasi nasabah yang baru mengambil uang dari bank. Jadi mereka mencari nasabah yang menyimpan barang bawaan di dalam jok motor. Uang hasil pencurian itu mereka bagi sama rata," tuturnya.

Saat ini, kedua pelaku sudah ditahan di sel tahanan Mapolres Tanah Datar. Sejumlah barang bukti yang disita polisi di antaranya dua unit mobil avanza dan xenia, dua unit sepeda motor, uang tunai sebesar Rp 1 juta dan satu unit gadget. []

Berita terkait
Rumah Staf Nagari di Tanah Datar Ludes Terbakar
Rumah semi permanen milik seorang staf nagari di Kabupaten Tanah Datar ludes terbakar.
TMMD di Tanah Datar Bantu Geliat Ekonomi Warga
Pelaksanaan TMMD di Kabupaten Tanah Datar diklaim mampu meningkatkan geliat perekonomian masyarakat.
Pengedar Ganja di Tanah Datar Diringkus Polisi
Seorang pengedar ganja asal Kabupaten Tanah Datar diringkus polisi.
0
Spesialis Congkel Jok Motor di Tanah Datar Diciduk
Dua dari empat spesialis maling pencongkel jok sepeda motor diringkus di Tanah Datar.