UNTUK INDONESIA
Spanyol Imbang, Ramos Pecahkan Rekor Bermain Timnas
Kapten Sergio Ramos memecahkan rekor paling banyak memperkuat Spanyol saat bermain imbang 1-1 melawan Norwegia di kualifikasi EURO 2020.
Kapten Sergio Ramos (kanan) memecahkan rekor paling banyak memperkuat Spanyol saat bermain imbang 1-1 melawan Norwegia di kualifikasi EURO 2020 d Stadion Ullevaal, Oslo, Minggu 13 Oktober 2019 dini hari WIB. (Foto: marca.com)

Jakarta - Kapten Sergio Ramos gagal membawa Spanyol meraih kemenangan sehingga langkah ke putaran final EURO 2020 terpaksa tertunda. Namun Ramos sukses memecahkan rekor bermain saat Spanyol ditahan Norwegia 1-1 di laga Grup F di Stadion Ullevaal, Oslo, Minggu 13 Oktober 2019 dini hari WIB. 

Ramos memang pesepak bola kontroversial. Kadang, pemain belakang ini bersikap kasar di lapangan sehingga tak sedikit pemain lawan yang tak menyukainya. Atau tak sedikit haters dari bek berusia 33. 

Hanya tak dipungkiri bila konsistensinya bermain di level tertinggi menjadikan posisi Ramos tak tergoyahkan. Tidak hanya di klubnya, Real Madrid tetapi juga timnas. 

Sebagai pemain belakang, dia juga termasuk produktif mencetak gol. Selama 14 tahun di Madrid, Ramos sudah 54 kali membobol gawang lawan. Di timnas sendiri, eks pemain Sevilla ini sudah mengoleksi 21 gol. 

Kini, Ramos memecahkan rekor pemain yang paling banyak membela Spanyol. Di laga melawan Norwegia menjadikan Ramos tercatat 168 kali membela La Furia Roja. Dia mengungguli kiper legendaris Madrid yang juga eks koleganya, Iker Casillas

Dia mencatat rekor itu setelah 14 tahun bermain di timnas sejak debutnya melawan China di laga persahabatan di Salamanca pada 26 Maret 2005. 

Di laga pertamanya yang dimenangkan Spanyol 3-0 itu, Ramos masih berusia 18 tahun 361 hari yang menjadikan dia sebagai pemain termuda dalam sejarah timnas. Rekor itu dipertahankan sampai 1 Maret 2006 sebelum dipecahkan Cesc Fabregas. 

Ramos sendiri mengambil alih ban kapten dari Casillas pada 2016. Itu merupakan penampilan terakhir Casillas di timnas. Dirinya sudah 46 kali menjadi kapten Spanyol. Ramos juga menjadi bagian dari timnas saat memenangi Piala Dunia 2010, EURO 2008 dan EURO 2012.

Setelah mencatatkan diri sebagai pemain dengan caps terbanyak, kini
Ramos membidik rekor kiper Gianluigi Buffon yang sudah 176 kali membela timnas Italia. Buffon tercatat sebagai pemain yang paling banyak memperkuat timnas di Eropa. 

Sedangkan rekor dunia dipegang pemain Mesir, Ahmed Hassan. Dirinya tercatat memiliki 184 caps. Tampaknya butuh perjuangan keras bagi Ramos untuk menyamai rekor Hassan. 

Di pertandingan melawan Norwegia yang bertindak sebagai tuan rumah, Spanyol sesungguhnya sudah unggul lewat gol Saul di menit 47. Namun Norwegia mampu menyamakan skor setelah Joshua King mencetak gol dari titik penalti di injury time. 

Hasil imbang itu memang masih mengukuhkan posisi Spanyol di puncak klasemen dengan poin 19. Unggul lima poin dari Swedia yang menduduki peringkat dua. 

Hanya langkah mereka ke putaran final tertunda karena posisi Spanyol bisa digeser tim lain, termasuk Rumania yang menduduki peringkat tiga. Spanyol butuh satu kemenangan lagi untuk merebut tiket ke putaran final. []

Berita terkait
Spanyol Kalahkan Kep Faroe, Ramos Samai Rekor Casillas
Spanyol meraih poin sempurna setelah mengalahkan Kepulauan Faroe 4-0 di kualifikasi EURO 2020, Senin 9 September 2019 dini hari WIB.
Spanyol Menang, Sergio Ramos dan Kepa Gemilang
Spanyol kembali meraih kemenangan di pertandingan kualifikasi EURO 2020 setelah menaklukkan Rumania 2-1, Jumat 6 September 2019 dini hari WIB.
Sulit Cetak Gol, Spanyol Tetap Capai Target
Spanyol mengalami kesulitan menghadapi Swedia di kualifikasi EURO 2020. Namun Spanyol mampu memenangkan laga dengan skor 3-0.
0
Jejak Said Didu Hingga Konflik dengan Luhut Pandjaitan
Said Didu gampang menuding orang sebagai penjilat, anjing peking, dan tuduhan keji lain. Pendekatan hukum Luhut Pandjaitan mutlak didukung.