Spanyol Akan Bangun Lagi La Palma Setelah Erupsi Berakhir

PM Spanyol, Pedro Sanchez, mengatakan pada Minggu, 3 Oktober 2021, bahwa pihaknya akan membantu pembangunan kembali La Palma
Gunung berapi Cumbre Vieja yang terletak di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, terus berupsi sejak dua minggu lalu. Gambar diambil dari wilayah El Paso, Spanyol, pada 3 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com - Reuters/Juan Medina)

Jakarta – Perdana Menteri (PM) Spanyol, Pedro Sanchez, mengatakan pada Minggu, 3 Oktober 2021, bahwa pihaknya akan membantu pembangunan kembali La Palma, pulau tempat di mana terjadinya erupsi gunung berapi sekitar dua minggu lalu.

Erupsi tersebut telah menghancurkan ratusan bangunan dan memaksa ribuan orang mengungsi. Dalam pernyataannya pula Sanchez menambahkan bahwa pulau itu aman untuk dikunjungi turis.

Sanchez melakukan kunjungan ketiganya ke La Palma, yang berada di Kepulauan Canary, sejak erupsi dimulai 19 September. Sanchez mengatakan pemerintah akan menyetujui dana bantuan 206 juta euro atau lebih dari tiga triliun rupiah pada pekan ini.

letak canaryLetak geografis Kepulauan Canary, Spanyol (Sumber: researchgate.net)

"Selasa depan, Kabinet akan menyetujui sebuah paket bantuan sangat besar untuk membantu berbagai wilayah, seperti rekonstruksi infrastruktur, pasokan air, penyediaan lapangan pekerjaan, pertanian, pariwisata dan tunjangan," katanya dalam konferensi pers.

Letusan gunung Cumbre Vieja telah menghancurkan lebih dari 900 bangunan. Sekitar 6.000 orang telah dievakuasi dari rumah-rumah di pulau berpenduduk sekitar 83.000 orang itu.

mengamati Gunung Berapi Cumbre ViejaSeorang pria tampak mengamati Gunung Berapi Cumbre Vieja di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, yang terus bererupsi dari wilayah Tacande de Arriba di Spanyol pada 2 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com - Reuters/Juan Medina)

Pada Minggu, gunung berapi itu memuntahkan lahar panas dan asap hitam tebal untuk hari ke-15 berturut-turut.

Institut Geografi Nasional Spanyol mengatakan telah mencatat sembilan gempa bumi terkait erupsi semalaman, yang paling kencang memiliki kekuatan 3.5 (vm/ka)/Reuters/voaindonesia.com. []

100 Rumah Hancur Terkena Lava di La Palma Kepulauan Canary

Gunung Merapi Meletus Lepaskan Abu ke Angkasa dan Alirkan Lava

Gunung Merapi Luncurkan Lava Pijar 1 Kilometer

Gunung Berapi di Spayol Meletus, Ribuan Warga Dievakuasi

Berita terkait
100 Rumah Hancur Terkena Lava di La Palma Kepulauan Canary
Lahar yang mengalir dari letusan gunung berapi di Kepulauan Canary, Spanyol, telah menghancurkan sekitar 100 rumah
0
Spanyol Akan Bangun Lagi La Palma Setelah Erupsi Berakhir
PM Spanyol, Pedro Sanchez, mengatakan pada Minggu, 3 Oktober 2021, bahwa pihaknya akan membantu pembangunan kembali La Palma