SpaceX dan NASA Kirim 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa

SpaceX dan NASA bakal meluncurkan empat astronot dalam penerbangan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, pada Senin, 16 November 2020.
Ilustrasi roket SpaceX. (Foto: Instagram/spacex)

Jakarta - Perusahaan roket milik pengusaha teknologi tinggi Elon Musk, SpaceX, bakal meluncurkan empat astronot dalam penerbangan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, pada Senin, 16 November 2020. Penerbangan ini menjadi misi penuh pertama NASA yang mengirim awak ke orbit di atas pesawat ruang angkasa milik pribadi.

Laman Reuters melaporkan, kapsul Crew Dragon yang baru dirancang SpaceX, yang oleh kru dijuluki dengan sebutan Resilience (Ketahanan), ditetapkan untuk lepas landas di atas roket SpaceX Falcon 9 pada pukul 19:27. Waktu timur (0027 GMT pada hari Senin) dari Pusat Antariksa Kennedy NASA di Cape Canaveral, Florida.

Nantinya, empat orang astronot itu bakal melakukan perjalanan selama 27 jam ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang merupakan sebuah laboratorium yang mengorbit sekitar 250 mil (400 km) di atas Bumi. Pada awalnya, penerbangan tersebut dijadwalkan untuk dimulai pada hari Sabtu, namun tertunda selama satu hari karena cuaca.

Seorang pejabat NASA mengatakan, peluncuran ditunda karena perkiraan angin kencang - sisa-sisa Badai Tropis Eta - yang akan membuat pendaratan kembali untuk tahap pendorong Falcon 9 yang dapat digunakan kembali menjadi sulit.

SpaceXRoket Falcon 9 and Crew Dragon milik SpaceX berada di area pelluncuran Complex 39A. (Foto: Instagram/spacex)

NASA menyebut penerbangan itu sebagai misi "operasional" pertama untuk sistem roket dan kendaraan awak yang dibuat selama 10 tahun. Ini mewakili era baru pesawat ruang angkasa yang dikembangkan secara komersial - dimiliki dan dioperasikan oleh entitas swasta daripada NASA - untuk mengirim orang Amerika ke orbit.

"Ini adalah puncak dari kerja dan upaya bertahun-tahun dari banyak orang, dan banyak waktu," kata direktur senior program penerbangan luar angkasa SpaceX, Benji Reed, kepada wartawan, dikutip Tagar pada Senin, 16 November 2020.

"Kami telah membangun apa yang saya sebut sebagai salah satu kendaraan peluncur dan pesawat ruang angkasa teraman," ujar dia.

Penerbangan uji coba SpaceX Crew Dragon sebelumnya telah dilakukan pada bulan Agustus dengan membawa dua astronot ke dan dari stasiun luar angkasa, menandai misi luar angkasa manusia pertama NASA yang diluncurkan dari tanah Amerika Serikat dalam sembilan tahun terakhir, setelah berakhirnya program pesawat ulang-alik pada tahun 2011.

Pada tahun-tahun berikutnya, astronot AS harus menumpang ke orbit dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia.

Kru Resilience termasuk komandan Mike Hopkins dan dua sesama astronot NASA, pilot misi Victor Glover dan fisikawan Shannon Walker. Mereka akan bergabung dengan astronot Jepang Soichi Noguchi, melakukan perjalanan ketiganya ke luar angkasa setelah sebelumnya terbang dengan pesawat ulang-alik AS pada 2005 dan Soyuz pada 2009.

Pejabat NASA mengatakan, Elon Musk selaku kepala eksekutif miliarder SpaceX yang juga CEO pembuat mobil listrik dan produsen baterai Tesla Inc. TSLA.O, kemungkinan tidak akan menyaksikan lepas landas dari ruang kendali peluncuran Kennedy Space Center seperti biasa.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Elon Musk mengatakan bahwa dia "kemungkinan besar" memiliki kasus Covid-19 yang moderat.

SpaceX dan NASA telah melakukan pelacakan kontak dan memutuskan bahwa Musk tidak melakukan kontak dengan siapa pun yang berinteraksi dengan para astronot.

"Astronot kami telah dikarantina selama berminggu-minggu, dan mereka seharusnya tidak melakukan kontak dengan siapa pun," kata kepala NASA Jim Bridenstine pada hari Jumat, 14 November 2020 lalu. "Mereka harus dalam kondisi yang baik," ujar dia.

NASA mengontrak SpaceX dan Boeing pada 2014 untuk mengembangkan kapsul antariksa yang bersaing yang bertujuan menggantikan program pesawat ulang-aliknya dan menyapih Amerika Serikat dari ketergantungan pada roket Rusia untuk mengirim astronot ke luar angkasa. []

Berita terkait
Usai Menghisap Ganja, Miley Cyrus Dikejar UFO
Penyanyi Miley Cyrus melontarkan pernyataan mengejutkan dengan mengaku pernah dikejar unidentified flying object alias UFO setelah menghisap ganja.
Jepang Perintahkan Pilot Militer untuk Lapor Penampakan UFO
Pengamat bersikeras bahwa Jepang sarang aktivitas luar angkasa, pemerintah Jepang pun perintahkan pilot militer laporkan penampanan UFO
China Bangun Stasiun Luar Angkasa pada 2021
Stasiun luar angkasa baru ini diharapkan dapat menyaingi Amerika Serikat yang saat ini dapat disebut sebagai pusat dari teknologi luar angkasa.
0
Kursi Pelatih Real Madrid Panas Muncul Nama Carlo Ancelotti
Pelatih Everton itu bisa menemukan dirinya kembali di Estadio Santiago Bernabeu yang dikaitkan dengan kembalinya Real Madrid yang sensasional