Soal Virus B117, Sekjen Kemenkes Minta Masyarakat Tidak Khawatir

Sekjen Kemenkes, Oscar Primadi, meminta masyarakat tidak menaruh khawatir berlebihan menyusul temuan mutasi virus SARS-CoV-2 varian B117.
Ilustrasi virus corona. (Foto: Pixabay.com/TheDigitalArtist)

Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, meminta masyarakat tidak menaruh khawatir berlebihan menyusul temuan mutasi virus SARS-CoV-2 varian B117.

Meski diketahui, sejumlah studi yang dilakukan beberapa institusi menyebutkan bahwa virus tersebut memiliki kemampuan penularan yang tinggi.

"Orang yang terinfeksi varian ini tentunya dapat menularkan katanya dalam jumlah yang besar," kata Oscar saat mengisi acara 'Sehat Wicara' yang disiarkan secara daring, dikutip Tagar, Minggu, 7 Maret 2021.

Namun begitu, kata Oscar, kecepatan penularan varian virus baru yang ditemukan pertama kali di Inggris itu diakui tidak memiliki dampak yang dapat mengakibatkan kondisi buruk pada pasien. "Tapi kecepatan penularan mutasi ini tidak menyebabkan kondisi pasien menjadi berat," kata dia.

Oscar mengatakan, masyarakat seyogyanya tidak terlalu mengkhawatirkan temuan varian virus baru yang merupakan turunan virus corona tersebut, sembari tetap meminta agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dia berharap, mutasi virus SARS-CoV-2 varian B117 tersebut tidak melemahkan daya kerja vaksin virus corona yang saat ini telah ada.

"Saya harap sampai saat ini memang belum ada pengaruh efektivitas kerjanya vaksin terhadap virus ini. Hal-hal kekhawatiran yang berlebihan membuat resah kita semua," kata dia.

Virus corona varian B117 pertama kali ditemukan di Inggris pada November 2020 lalu dan menyebar ke sejumlah wilayah hingga ke Asia, termasuk Indonesia. Bahkan, sebanyak dua kasus dari varian virus baru tersebut dikabarkan ditemukan pada Selasa, 2 Maret 2021 lalu. []

Berita terkait
Virus Corona Varian Brasil Bisa Kebal Terhadap Vaksin
Varian virus corona Brasil ini disebut bisa kebal terhadap vaksin virus corona yang sudah dipakai di banyak negara
Menko Luhut: Varian Covid Baru dari Inggris Tidak Mematikan Tapi Berbahaya
Menko Luhut mengatakan, varian baru virus corona asal Inggris bernama B117 tidak mematikan tapi perlu diwaspadai masyarakat.
Virus Corona Varian Baru Asal Inggris Ditemukan di Indonesia
Kementerian Kesehatan RI memastikan varian baru virus corona, penyebab Covid-19, yang berasal dari Inggris telah ditemukan di Indonesia
0
APS Surabaya Gelar Demontrasi Protes Sistem PPDB
Sejumlah pelajar SMP di Surabaya yang tergabung dalam Aliansi Pelajar Surabaya (APS) akan menggelar demontrasi memprotes sistem PPDB 2021.