UNTUK INDONESIA
SNMPTN Tahun 2020 Penelusuran Prestasi Akademik
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020 dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik melalui rapor
Sejumlah siswa mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Dalung, Badung, Bali, Senin (25/3/2019). (Foto : Antara/Fikri Yusuf)

Medan - Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, menjelaskan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020 dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

"Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun. atau semester satu sampai semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun," kata Rosmayati, pada Sosialisasi dan Promosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2020 kepada ribuan pelajar SMA/SMK/MA, di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sabtu, 14 Desember 2019.

Menurut Rosmayati, sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar.

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

"Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut," ujar Rosmayati, seperti dilansir Antara.

Rosmayati menyebutkan, tahapan mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut, registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).Calon peserta baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Pendaftaran akun LTMPT dilakukan pada tanggal 02 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020. Pengisian data PDSS. sekolah melakukan pengecekan NPSn di laman PDSS. Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang sekolah sudah benar dan terivikasi di PDSPK Kemendikbud.

Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id.

"Pengisian Data PDSS oleh Sekolah dapat dilakukan pada tanggal 13 Januari hingga 6 Februari 2020," katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Rektor USU Dr Rulianda Purnomo Wibowo, SP, MEC, Kepala Pusat Sistem Informasi USU M Anggia Muchtar ST, MMIT, Kepala Kantor Humas Protokoler dan Promosi USU Elvi Sumanti ST, MHum, dan Kepala Biro Akademik USU Yasin Ginting SE. []

Berita terkait
406 Siswa Pematangsiantar dan Simalungun Lulus SNMPTN, Ini Datanya
Sebanyak 406 siswa berasal dari sekolah di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.
Infografis: Medan Juaranya, Kota Paling Banyak Lulus SNMPTN 2019
Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Medan juaranya, kota paling banyak lulus SNMPTN 2019.
0
Syarat Dapat Subsidi Bunga Kredit 6% dalam 6 Bulan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan tidak semua kreditur otomatis mendapat subsidi bunga kredit selama enam bulan.