Skenario Pengamanan Sidang Rizieq Shihab, Jumat 26 Maret 2021

Rizieq Shihab sidang online, simpatisannya ada yang datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Bagaimana kalau Rizieq hadir fisik di tempat itu.
Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur. (Foto: Tagar/pn.jakartatimur.go.id)

Jakarta - Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, terdakwa empat kasus pelanggaran protokol kesehatan, dalam tiga kali sidang virtual, sebanyak 1.400 personel kepolisian menjaga Pengadilan Negeri Jakarta Timur, untuk menghindari kerumunan simpatisan Rizieq Shihab yang datang. Untuk Jumat, 26 Maret 2021, di mana Rizieq Shihab hadir fisik di ruang sidang, jumlah personel pengamanan bisa ditambah sesuai kebutuhan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Rusdi Hartono, dalam konferensi pers di Divisi Humas Polri, Jakarta, Rabu, 24 Maret 2021.

"Kalau Polda Metro Jaya membutuhkan tambahan kekuatan, Mabes Polri siap mem-backup," ujar Rusdi.

Polda Metro Jaya, kata Rusdi, telah membuat rencana pengamanan dengan memprediksi segala kemungkinan yang terjadi saat sidang Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang dijadwalkan Jumat, 26 Maret 2021. "Polda Metro sudah merencanakan bagaimana kegiatan-kegiatan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dapat berjalan."

Kalau Polda Metro Jaya membutuhkan tambahan kekuatan, Mabes Polri siap memb-backup.


Infografis: Rizieq Shihab Pulang, Picu Kerumunan, Lalu DitahanRizieq Shihab Pulang, Picu Kerumunan, Lalu Ditahan. (Infografis: Tagar/Bagus Cahyo Kusumo)


Dalam sidang sebelumnya, sebanyak 1.400 personel mengamankan jalannya persidangan, menghindari kerumunan para simpatisan yang datang ke persidangan.

Rizieq Shihab tiga kali menjalani sidang online, protes tidak mau sidang online. Ia minta dihadirkan langsung secara fisik di ruang sidang. Walaupun sudah dijelaskan dalam kondisi pandemi, untuk mencegah penularan virus, ia tetap tidak mau. 

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur akhirnya mengabulkan keinginan Rizieq Shihab itu dengan jaminan tim kuasa hukumnya, bahwa Rizieq akan mematuhi protokol kesehatan selama persidangan. Pertimbangan lain karena sidang online, internet kadang down, tidak jelas suara.

Rizieq Shihab, empat kasusnya berkaitan pelanggaran protokol kesehatan, yaitu perkara nomor 221 kasus kerumunan Petamburan; nomor 222 kasus kerumunan Petamburan; nomor 223 kasus tes usap palsu; dan nomor 226 kasus kerumunan Megamendung.



Berita terkait
Rizieq Shihab Tak Mau Sidang Virtual, Siap Dipenjara Berapa Lama Pun
Rizieq Shihab mengatakan tidak rida dunia akhirat harus menjalani sidang secara virtual. Ia pilih pergi dan ikhlas dipenjara seberapa lama pun.
Nyanyian Asmaul Husna untuk Ibu-ibu Pengagum Rizieq Shihab
Alunan lagu Asmaul Husna terdengar dari sebuah mobil polisi, lagu untuk mendinginkan hati ibu-ibu pengagum Rizieq Shihab yang sedang panas.
Rizieq Shihab Hadir Fisik di Ruang Sidang, Jumat 26 Maret 2021
Rizieq Shihab tidak mau sidang virtual, protesnya didengar Majelis Hakim, sidang selanjutnya Jumat 26 Maret 2021 Rizieq hadir fisik di PN Jaktim.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.