Siti Fadilah Supari: Nah Ini Namanya Pandemi

Sifi Fadilah dalam Podcast Deddy Corbuzier mengatakan keheranan mengapa Covid-19 disebut pandemi sementara belum memenuhi syarat disebut pandemi.
Siti Fadilah Supari di Podcast Deddy Corbuzier. (Foto: Tagar/YouTube/Deddy Corbuzier)

Jakarta - Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mempertanyakan ulang status Covid-19 sebagai pandemi.

Siti Fadilah Supari yang merupakan Menteri Kesehatan di era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut, membocorkan bahwa bisa dinyatakan pandemi jika memenuhi beberapa syarat yang ditetapkan Internasional Healty Regulation.

Menurut Siti Fadilah Supari, syarat bisa disebut pandemi adalah infeksi dari hewan ke hewan, ada infeksi dari hewan ke manusia, lalu ada infeksi dari manusia ke manusia, dan dari manusia ke manusia ke luar negara.

“Nah ini namanya pandemi. Begitu...,” kata Siti Fadilah Supari dalam Youtube Deddy Cobuzier, pada 8 Juli 2021.


Nah ini namanya pandemi. Begitu.


Namun pada kenyataannya, lanjut Siti Fadilah Supari, WHO baru melakukan penilitian secara besar-besaran dan akan memastikan dari mana virus di Wuhan itu.

“Ada pendapat, mungkin dari laboratorium yang bocor. Mungkin dari mana. Lah berarti kan belum ditemukan. Artinya kan belum ditemukan asalnya dari hewan ke manusia. Nah, ini kan pincang nih. Tapi kenapa sudah dibilang pandemi,” katanya.

Pada kenyataannya, asal virus corona masih dicari WHO dan belum ada hasilnya. Rencananya, akan diumumkan. Namun sampai saat ini, Siti Fadilah Supari belum dengar pengumumannya.

“Katanya mau diumumkan tanggal 15, saya belum dengar sampai sekarang, enggak ada pengumumannya,” ucapnya Siti Fadilah Supari.

Namun menurut Siti Fadilah Supari, sudah sulit untuk memeriksa atau melacak asal muasal virus corona. Seharusnya, kata dia, penelitian dilakukan sebelum Januari-Maret 2019.

“Seharusnya...penelitan dilakuan sebelum 13 Maret. Sebenarnya itu kesempatan, waktu di Cina itu. Tapi kenapa tidak digunakan. Mereka harus membuktikan bahwa itu dari binatang ke manusia, dan penularannya sudah sesuai atau tidak,” katanya.

“Tapi enggak ada, malah Cina sibuk bikin rumah sakit-rumah sakit yang luar biasa itu. Kita juga bengong lihat itunya (Cina bangun banyak rumah sakit dengan cepat), sampai kita lupa seharusnya bagaiamana. Itu.”

Bahkan, Siti Fadilah juga mengaku heran Cina bisa membangun rumah sakit sembilan tingkat hanya dalam 9 hari saja. “Enggak bisa membayangkan, kok bisa begitu.”


Baca juga


Berita terkait
Mantan Menkes Siti Fadilah Puji Sikap Terawan
Mantan Menkes era SBY Siti Fadilah Supari layangkan pujian terhadap sikap Terawan Agus Putranto yang memilih mundur jadi calon Dubes untuk Spanyol.
Menkes era SBY, Siti Fadilah Supari Bebas dari Bui
Menkes era Presiden SBY, Siti Fadilah Supari telah dinyatakan bebas murni dari hukuman empat tahun penjara dalam kasus korupsi dan gratifikasi.
Andi Arief: Bebaskan Siti Fadilah
Ketua DPP Partai Demokrat Andi Arief meminta pemerintah untuk membebaskan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.
0
Siti Fadilah Supari: Nah Ini Namanya Pandemi
Sifi Fadilah dalam Podcast Deddy Corbuzier mengatakan keheranan mengapa Covid-19 disebut pandemi sementara belum memenuhi syarat disebut pandemi.