Sinopsis The Wizard of Lies, Penipuan Terbesar dalam Sejarah AS

Modus investasi palsu dengan skema ponxi diperlihatkan dalam film ini
Film The Wizard Lies. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - The Wizard od Lies, film yang bergenre drama biografi dan kiriminal ini dibintangi oleh Robert De Niro, Michelle Pfeiffer, dan Alessandro Nivola. Film yang di sutradarai oleh Barry Levinso ini tayang perdana di HBO Original pada 20 Mei 2017.

Film ini menceritakan tentang penipuan yang dilakukan oleh seorang broker saham, penasihat investasi, dan pemodal yaitu Bernie Madoff.

Pada tahun 2008, Bernie Madoff menjadi berita utama di seluruh dunia ketika dia ditangkap karena melakukan penipuan keuangan terbesar dalam sejarah AS.

Skema Ponzi yang dilakukan Bernie ini adalah modus investasi palsu yang dimana keuntungannya di dapatkan oleh investor berasal dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya. Bukan uang dari hasil keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan bisnis ini.

Saat itu, penyidik federal AS memperkirakan kerugian para nasabah mencapai hampir US$ 65 miliar atau sekitar Rp865 triliun. Bernie Madoff (Robert De Niro) menipu banyak orang, mulai dari investor besar hingga pensiunan yang menjaminkan uangnya pada perusahaan miliknya.

Selain itu, nama besar seorang Bernie Madoff juga membuat para investor gelap mata dan percaya begitu saja dengannya. Bahkan, istrinya, Ruth Madoff (Michelle Pfeiffer) juga punya andil dalam kehancuran finansial ini. Dia merupakan rekan yang tanpa disadari, menyebabkan kehancuran finansial bagi banyak orang dan perusahaan, juga kehancuran dirinya dan keluarganya.

Hal ini menyeret istri dan putra Bernie ke dalam sorotan media yang menyudutkan mereka tak henti-hentinya.

‘The Wizard of Lies’ disutradarai oleh Barry Levinson dari naskah karya Sam Levinson dan John Burnham Schwartz serta Samuel Baum. Naskah diadaptasi dari buku laris versi New York Times tahun 2011, karangan Diana B. Henriques ‘The Wizard of Lies: Bernie Madoff and the Death of Trust’.

Buku tersebut menampilkan akses yang tak pernah ada sebelumnya dan lebih dari 100 wawancara, termasuk wawancara pertama Madoff untuk publikasi sejak penangkapannya. ‘Truth and Consequences,’ oleh Laurie Sandell, menjadi sumber materi tambahan. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga




Berita terkait
Mantan Kru Film "Rust" Merasa Tidak Aman
Seorang mantan kru film "Rust" mengatakan bahwa ia merasa tidak aman selama proses penggarapan film itu
Jokowi Bangga Sineas Indonesia Menangi Festival Film Dunia
Kepala Negara ungkapkan apresiasi untuk Usmar Ismail, yang telah memprakarsai penyelenggaraan FFI bersama Djamaluddin Malik, 66 tahun yang lalu
Politeknik Tempo Jalin Kerja Sama dengan Universitas Pancasila dan Micro Film Academy Malaysia
Politeknik Tempo menandatangani nota kerja sama dengan Universitas Pancasila, Jakarta, dan Micro Film Academy, Malaysia, Jumat, 12 November 2021.
0
Sinopsis The Wizard of Lies, Penipuan Terbesar dalam Sejarah AS
Modus investasi palsu dengan skema ponxi diperlihatkan dalam film ini