Jakarta - Mungkin banyak yang penasaran dengan pesilat dan aktor tanah air yang beradu akting dengan bintang Hollywood, Keanu Reeves dalam film John Wick 3: Parabellum.

Pria yang lahir di Tasikmalaya pada 19 Oktober 1968 ini pernah memimpin Perguruan Silat Tenaga Dasar (PSTD) Indonesia sebelum tampil di layar kaca. Dia menekuni silat sejak usia 13 tahun. Sehingga tidak dipungkiri jika dia sering diundang keliling kota hingga luar negeri untuk memperkenalkan seni bela diri.

Baru pada tahun 2008, dia mulai memasuki dunia akting sebagai penata gerak dalam film Merantau yang disutradarai Gareth Evans. Karena sutradara kesulitan mendapatkan aktor yang mahir bertarung, Yayan pun didapuk sebagai peran pembantu di film tersebut, bersama Iko Uwais dan Donny Alamsyah.

Tiga tahun kemudian, Gareth Evans menyutradarai The Raid, film lanjutan Merantau. Dia mendapat peran sebagai Mag Dog, nama yang kemudian melekat pada dirinya.

The Raid melibatkan aktor-aktor terkenal lain, yaitu Iko Uwais, Ray Sahetapy, Joe Taslim, dan Donny Alamsyah. Lalu dia memperoleh kesempatan emas tampil di industri film Jepang, Yakuza Apocalpyse. Disitu dia berperan sebagai Kyoken, seorang pembunuh bayaran.

Selanjutnya, Yayan kemudian dipercaya untuk berperan dalam film Star Wars Episode VII: The Force Awaken sebagai Tasu Leech, pimpinan organisasi kriminal Kanjiklub Gang yang telah beroperasi selama 30 tahun setelah pertempuran Endor.

Setelah itu, Yayan tampil sebagai pemeran pendukung dalam sekuel film Comic 8: Casino Kings. Film itu mengisahkan tentang misi lanjutan 8 agen rahasia di bawah Indro Warkop yang harus mencari seorang komika agar bisa jadi penghubung mereka dengan The King, master kriminal uang.

Pada 2018, Yayan Ruhian juga berperan dalam film Wiro Sableng sebagai penjahat bernama Mahesa Birawa. Aksinya sangat memukau dengan karakter sebagai musuh Wiro Sableng yang diperangkan Vino G.Bastian.

Karirnya kian melambung, pria berambut gondrong itu pun dipercaya akan membintangi film hollywood john Wick 3: Parabellum bersama Cecep Arif Rahma. Mereka berperan sebagai pembunuh bayaran berhadapan dengan Wick yang diperankan oleh Keanu Reeves. []

Baca juga: