Singgungan Kang Emil Soal Pemimpin Adil dalam Ajaran Islam

Kang Emil kembali viral lantaran unggah postingan instagram yang berisikan tentang kepimpinan yang adil dalam Islam.
Postingan Kang Emil soal kepemimpinan yang adil dalam ajaran Islam. (Tagar/Instagram)

Jakarta - Setelah tegas melontarkan pernyataan soal Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahmud MD harus ikut bertanggung jawab terkait kisruh Habib Rizieq Shihab yang berkepanjangan, Ridwan Kamil mengunggah status di akun Instagram pribadinya, @ridwankamil.

Dalam unggahnya itu, Ridwan Kamil menyinggung ajaran Islam tentang pemimpin yang adil. Sebagai pemimpin, kata Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil ini, terus mencoba untuk berlaku adil di setiap saat. Hal itu merupakan sebuah nilai yang tidak mudah karena adil adalah relatif.

“Tiap hari sebagai pemimpin, saya mencoba berlaku adil. Sebuah nilai yang tidak mudah karena adil juga adalah relatif. Pemimpin adil masuk surga duluan, pemimpin tidak adil juga masuk neraka duluan,” kata Kang Emil dikutip dari akun Instagram @ridwankamil, Rabu, 16 Desember 2020 malam.

“Namun, selama nalar dan spiritual sudah satu frekuensi, maka tidak ada alasan sebuah keputusan untuk ditunda. Dan hidup mengajarkan, apapun keputusan yang diambil tidak akan pernah bisa menyenangkan semua pihak. Karena hidup tidak seindah drama Korea,” tambahnya.

Kang Emil juga menuturkan, seluruh pihak yang ikut terlibat dalam peristiwa kerumunan massa pendukung Habib Rizieq harus menjalani proses hukum yang sama, seperti yang dijalaninya, demi keadilan.

Respect dengan Pak Gubernur .!! Semoga kedepan negara ini dipimpin oleh orang2 yang amanah bertindak sesuai hati yang berdasarkan kebenaran tanpa intervensi dari golongan atau partai apapun,

Diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyinggung soal tanggun jawab Mahfud MD terkait peristiwa kegaduhan yang ditimbulkan oleh kerumunan massa pendukung Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Dia mengatakan, seluruh kekisruhan terkait Habib Rizieq yang berlarut-larut dipicu oleh pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Sementara para warganet di kolom komentar cenderung mendukung sikap Kang Emil ini. Akun @gonzalezyusuf menuliskan bahwa Kang Emil sangat gentle dan berada di posisi netral.

“Jabatan mah cuman sementara dicopot juga No Problem keren pisan kata-katana kang .Statement Ridwan Kamil hari ini sangat amazing sebenernya memposisikan di posisi netral tidak di kategori ebong atau kadrun cing sehat terus pak Gubernur ..Gentlemen pisan,” tulis @gonzalezyusuf.

“Betul setuju pisan...keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia...siapapun itu harus adil,tidak hanya satu atau dua pihak saja,jika ada beberapa pihak semuanya harus di mintai keterangan,” tulis akun @evil_jengkol.

Bahkan postingan ini turut dikomentari oleh akun resmi @dhu_yuand. “Respect dengan Pak Gubernur .!! Semoga kedepan negara ini dipimpin oleh orang2 yang amanah bertindak sesuai hati yang berdasarkan kebenaran tanpa intervensi dari golongan atau partai apapun,” tulisnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Kasus Rizieq, Ridwan Kamil: Mahfud Md Harus Bertanggung Jawab
Ridwan Kamil menyebut ahfud Md, juga harus tanggung jawab atas kerumunan usai kepulangan Habib Rizieq Shihab.
Salahkan Mahfud Md, Teddy Gusnaidi: Ridwan Kamil Panik!
Dewan Pakar PKPI Teddy Gusnaidi menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil panik karena salahkan Menkopolhukam Mahfud Md soal kerumunan massa.
Soal Bogor Barat, Ridwan Kamil: Semoga Maret Sudah Disetujui
Calon daerah persiapan otonomi baru Kabupaten Bogor Barat terdiri dari 14 kecamatan dan 166 desa
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes