Shakira Dituduh Lakukan Penipuan Pajak 14,5 Juta Euro di Spanyol

Shakira dituduh dengan enam pelanggaran pajak yang diduga berhenti membayar pajak di Spanyol antara 2012 dan 2014
Shakira (Foto: marca.com)

Jakarta - Seorang hakim Spanyol telah menunjukkan ada 'bukti yang cukup' bahwa Shakira telah melakukan penipuan pajak sebesar 14,5 juta euro, setara dengan Rp 248,5 miliar, dengan menyembunyikan pendapatannya melalui jaringan perusahaan yang berbasis di ‘surga pajak’ antara tahun 2012 dan 2014.

Proses tersebut berasal dari pengaduan oleh Kantor Kejaksaan Umum, yang menuduh penyanyi Kolombia itu dengan enam pelanggaran pajak. Di pihak lain Shakira mengklaim bahwa dia telah membayar 14,5 juta euro, ditambah tiga juta euro untuk bunga ke Badan Pajak.

Hakim merinci dalam perintah bahwa, dari proses yang dilakukan sejauh ini, tampaknya penyanyi itu telah berhenti membayar pajak di Spanyol selama tiga tahun itu "Meskipun memiliki kewajiban untuk melakukannya karena dia memiliki tempat tinggal pajaknya di sini."

ShakiraShakira saat tampil di panggung Super Bowl Halftime Show 2020. (Foto: NFL)

Dalam hal itu, dia menunjukkan bahwa Shakira memiliki status "kewajiban pajak" di hadapan Badan Pajak karena dia tinggal di Spanyol selama lebih dari 183 hari yang ditetapkan oleh hukum (243 pada 2012, 212 pada 2013 dan 244 pada 2014).

Faktanya, para ahli yang ditunjuk oleh pembelaan Shakira menyatakan bahwa penyanyi itu memiliki sertifikat tempat tinggal permanen di Bahama dan bahwa, hingga 2015, kehadirannya di Spanyol tidak melebihi 183 hari per tahun, sejak saat itu dia wajib membayar pajak di negara tersebut.

Selain itu, mereka menyatakan bahwa hari-hari di mana dia berada di luar negeri, untuk tur konser atau partisipasinya dalam program televisi "The Voice" di Amerika Serikat, tidak boleh dihitung sebagai waktu tinggal di negara tersebut (marca.com/EFE). []

Berita terkait
Jelang Leg Kedua Suporter PSG Hina Barcelona dan Shakira
Suporter PSG menciptakan suasana bermusuhan jelang leg kedua Liga Champions dengang menghina Barceola dan Shakira
Shakira dan J.Lo Goyang Super Bowl 2020 dengan Twerk
Shakira dan Jennifer Lopez atau J.Lo sukses menggebrak panggung gelaran Super Bowl Halftime Show 2020 dengan tarian Twerk.
0
Musuh Bebuyutan Amerika dan Meksiko di Final Concacaf Gold
Amerika Serikat (AS) akan menghadapi musuh bebuyutannya, Meksiko, di final Concacaf Gold pada 1 Agustus 2021 di Las Vegas