Setu Babakan Belum Bisa Dibuka untuk Umum

Sertifikat CHSE dibutuhkan untuk setiap tempat wisata yang akan diuji coba buka kembali.
Setu Babakan. (Foto: Tagar/UPK-PBB)

Jakarta - Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jakarta Selatan merupakan salah satu objek wisata yang selalu ramai pengunjung, sayangnya tempat ini belum bisa diuji coba buka untuk umum karena belum memiliki sertifikat Clean, Health, Safetyand Environmental Sustainability (CHSE). Karena sekarang ini seluruh tempat wisata membutuhkan Sertifikat CHSE siuji coba buka kembali.

"Setu Babakan belum bisa uji coba karena CHSE itu belum dimiliki. Saat ini untuk tempat wisata di Jakarta baru dua (yang ujicoba buka), yaitu TMII dan Ancol. Setu Babakan belum," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Iffan di Jakarta, Rabu, 22 September 2021.

Kemungkinan objek wisata Kepulauan Seribu yang akan diuji coba untuk dibuka setelah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Ancol.

"Kemarin memang kami menampung usulan mana yang bisa buka. Ada usulan Kepulauan Seribu," ujar Iffan.

Tetapi, sama seperti Setu Babakan, Kepulauan Seribu juga diketahui belum memiliki sertifikat CHSE, bahkan belum memiliki barcode PeduliLindungi yang merupakan syarat pertama operasional tempat wisata dalam masa PPKM ini. 

Soal itu, Iffan menjelaskan, Pemkab Kepulauan Seribu sudah menyampaikan surat ke Kedeputian Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk kemungkinan memiliki pertimbangan tersendiri agar bisa uji coba kembali dibuka.

"Kepulauan Seribu ada beberapa tempat yang bisa serap wisatawan asing dan wisatawan nusantara, jadi lebih banyak jumlah wisatawannya," ujarnya. []

Berita terkait
6 Tempat Wisata Kembali Dibuka di Jakarta, Simak Ketentuannya
Berdasarkan usulan Kemenparekraf Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan untuk membuka destinasi wisata. Simak ketentuannya.
4 Danau yang Jadi Objek Wisata Air di Indonesia
Mengunjungi tempat wisata air jadi pilihan utama bagi warga yang berada di negara yang memiliki lebih banyak wilayah perairan, seperti Indonesia
Sandiaga Uno Terkesan dengan Keindahan Wisata Ranupani Jatim
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa dirinya sangat terkesan dengan keindahan alam desa wisata Ranupani di Jawa Timur.
0
Setu Babakan Belum Bisa Dibuka untuk Umum
Sertifikat CHSE dibutuhkan untuk setiap tempat wisata yang akan diuji coba buka kembali.