UNTUK INDONESIA
Setiyo Ingin Adopsi Bayi Hidung Mancung di Sleman
Setiyo Sudarminta, warga Sleman ingin mengadopsi bayi yang ditemukannya di teras rumah. Orang tua si bayi telah menitipkan pada dirinya.
Bayi tampan berhidung mancung yang ditemukan di Godean, Sleman. Penemu bayi tersebut, Setiyo Sudarminto ingin mengadopsi bayi tersebut. (Foto: Istimewa)

Sleman - Penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki di Dusun Berjo Kulon, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman mengundang simpati banyak masyarakat. Salah satunya Setiyo Sudarminto, 68 tahun, warga yang menemukan bayi tersebut.

Pria penemu bayi berhidung mancung itu mengaku memiliki harapan besar. Setiyo ingin mengadopsi bayi laki-laki yang ditinggalkan di teras rumahnya. Saat ini, persyaratan pengajuan adopsi tengah diurus. 

Itu kan istilahnya sudah dititipkan, jadi mereka (orang tua bayi) tidak mau mengurus.

Bukan tanpa alasan jika Setiyo menaruh keinginan untuk menjadikan bayi itu sebagai anak angkat. Selama ini ia hidup berdua dengan istri. Suasana rumahnya sepi lantaran anak-anaknya telah tumbuh dewasa dan sudah memiliki kehidupan masing-masing.

"Saya jadi ingin merawat bayi tersebut. Saya punya dua anak tapi sudah tinggal terpisah di luar kota. Di rumah jadi sepi," kata Setiyo kepada wartawan saat ditemui di rumahnya. Kamis, 30 Juli 2020.

Pertimbangan lain, orang tua dari si bayi secara tidak langsung sudah menitipkan anaknya kepadanya dan istri. Perkara siapa pelaku yang tega membuang bayi tersebut, ia menyerahkan hal itu kepada pihak kepolisian.

"Itu kan istilahnya sudah dititipkan, jadi mereka (orang tua bayi) tidak mau mengurus. Dari dulu sempat kami rasan-rasan rumah sebesar ini sepi, eh kok ya ada yang menaruh bayi di depan rumah," ucapnya.

Diberitakan, kasus pembuangan bayi di Kabupaten Sleman terjadi lagi. Kali ini bayi ditemukan di Dusun Berjo Kulon, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu, 29 Juli 2020, sekitar pukul 01.13 WIB, .

Pelaku menaruh bayi di dalam kardus dan meletakannya di atas kursi depan rumah Setiyo Sudarminto. Di kardus tempat bayi yang diperkirakan berusia dua hingga tiga hari itu juga terdapat sebuah kertas berisi tulisan. Tulisan yang diduga ditulis oleh orang tua bayi. 

"Izinkan saya menitipkan anak saya. Mohon sayangi dia sebagaimana saya menyayanginya. Tolong besarkan dia sebagaimana saya ingin membesarkannya. Berikanlah ia yang terbaik." Demikian pesan di tulisan kertas tersebut.

Baca juga: 

Kepala Polsek Godean Komisaris Paino membenarkan adanya aksi pembuangan bayi tersebut 

"Iya memang betul ada penemuan bayi laki-laki di wilayah Godean. Bayi sudah berada di puskesmas Godean I. Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menangkap pelaku atau orang tua bayi," kata dia. 

Kasus pembuangan bayi di Kabupaten Sleman marak terjadi. Setidaknya sudah ada empat kasus sepanjang 2020 hingga Juli ini. Selain di Godean, ada juga bayi yang ditelantarkan di wilayah Kecamatan Depok, Prambanan dan di Kecamatan Ngemplak. [] 

Berita terkait
Isi Pesan Pembuang Bayi Hidung Mancung di Sleman
Pembuang bayi di Sleman menulis pesan di kardus tempat si bayi diletakkan. Berikut isi pesan tersebut.
Heboh, Penemuan Bayi Hidung Mancung di Sleman
Penemuan bayi laki-laki hidung mancung dan berkulit putih bersih menghebohkan warga Godean, Sleman, Yogyakarta. Polisi sedang menyelidikinya.
Mahasiswa Kedokteran Buang Bayi Cantik di Sleman
Pembuang bayi di Sleman ternyata mahasiswa kedokteran di Semarang. Bayi dibuang karena keduanya belum siap mengurusnya.
0
Setiyo Ingin Adopsi Bayi Hidung Mancung di Sleman
Setiyo Sudarminta, warga Sleman ingin mengadopsi bayi yang ditemukannya di teras rumah. Orang tua si bayi telah menitipkan pada dirinya.