UNTUK INDONESIA
Setelah DIY, Kini Gerakan BISA 7 Objek Wisata Jateng
Setelah gerakan BISA destinasi wisata di Yoogyakarta, BOB memilih Purworejo dan Magelang, Jawa Tengah untuk gerakan bersih, indah, sehat dan aman.
Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita foto bersama pejabat perwakilan Pemkab Magelang usai meresmikan Gerakan BISA di Balkondes Bumiharjo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 25 Agustus 2020. Foto Tagar/Tim Komunikasi Publik BOB)

Yogyakarta - Badan Otorita Borobudur (BOB) sudah memilih destinasi wisata di Jawa Tengah yang menjadi lokasi kampanye Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman). Mereka berada di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo sebagai daerah otoritatif Satuan Kerja di bawah Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) itu.

"Adapun Gerakan BISA tersebar di tujuh titik desa wisata di sekitar zona Otoritatif BOB antara lain berada di Kabupten Magelang yakni Desa Wisata Bumiharjo, Desa Wisata Tegalarum, Desa Wisata Kembanglimus, Desa Wisata Kenalan dan Desa Wisata Banyuroto. Sedangkan di Kabupaten Purworejo ada Desa Wisata Benowo dan Desa Wisata Sedayu," sebut Direktur Utama BOB Indah Juanita melalui siaran persnya yang diterima Tagar, Rabu, 26 Agustus 2020.

Menurut Indah, pihaknya terus mengkampanyekan Gerakan BISA sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap pelaku pariwisata serta ekonomi krekatif yang terdampak Covid-19. Setelah di DIY, giliran kawasan Jateng yang menjadi lokasi sasaran kampanye gerakan ini.

"Setelah pekan-pekan sebelumnya kami kampanyekan Gerakan BISA di DIY, kali ini gantian Jateng yang kami sertakan. Karena Jateng juga menjadi wilayah kerja kami," imbuh Indah usai menghadiri kegiatan Gerakan BISA di Balkondes Bumiharjo, Kabupaten Magelang, Selasa, 25 Agustus 2020.

Setelah pekan-pekan sebelumnya kami kampanyekan Gerakan BISA di DIY, kali ini gantian Jateng yang kami sertakan.

Dalam rilisnya itu, Indah menjelaskan, Gerakan BISA di Provinsi Jawa Tengah ditujukan untuk mendukung Desa Wisata bangkit kembali setelah terpuruk akibat pandemi corona. Dalam pelaksanaannya nanti gerakan ini, akan menyasar pada tujuh desa wisata yang ada di Jawa Tengah dengan pemberian bantuan berupa peralatan kebersihan beserta kelengkapannya dan fasilitas posko kesehatan antara lain tenda sarnavil, thermo gun dan lainnya.

Indah juga menjelaskan pihaknya terus berkolaborasi dengan dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang untuk melaksanakan gerakan BISA ini di destinasi wisata yang berada di sekitar zona otoritatif BOB.

"Gerakan BISA dilakukan guna mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemic Covid-19, sehingga siap menyambut wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Gerakan BISA juga bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan bahwa destinasi wisata kembali aman dikunjungi, setelah ditutup akibat Covid-19 dan segera dibuka kembali," tutur Indah Juanita.

Gerakan BISA sendiri merupakan salah satu program Badan Otorita Borobudur, Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) yang mengikutsertakan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan destinasi pariwisata untuk menyambut wisatawan di masa adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Maka penting bagi seluruh stakeholder pariwisata menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," tegas wanita murah senyum ini.

Selain itu rangkaian Gerakan BISA juga terdapat Aksi Sapta Pesona dengan bergotong royong untuk membersihkan destinasinya dan penempatan bantuan yg sudah di berikan yang dilaksanakan mulai 25 Agustus hingga 27 Agustus ini. []

Berita terkait
Protokol Ketat Objek Wisata Milik Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta memberlakukan protokol ketat empat destinasi wisata terhadap pengunjung, salah satunya Tamansari.
BOB Beri Self Declare Destinasi Embung Senja Sleman
BOB mengakhiri rangkaian aktivasi SDM pariwisata dan ekonomi kreatid di masa pandemi corona di Embung Senja Sleman, Yogyakarta.
Pesona Gunung - Borobudur dari Mata Langit Magelang
Mata Langit Magelang menyuguhkan sensasi pesona alam luar biasa. Kemegahan Borobudur dan enam gunung tersaji dari tempat itu.
0
Hindia Sumbang Konsep di Konser Daring Here Comes The Sun
Solois Hindia menjadi salah satu pengonsep acara di festival musik Here Comes The Sun virtual Edition.