Sering Jadi Bahan Skincare, Inilah Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan, bengkoang juga baik untuk kecantikan. Lantas apa saja manfaat bengkoang untuk kecantikan? Simak ulasannya ini.
Ilustrasi - Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Bengkoang adalah tumbuhan yang berasal dari Benua Amerika dan tumbuh di dalam tanah yang tidak berawa dan pertumbuhan bengkoang ini merambat diatas tanah. 

Pemilik nama latin Pachyrhizus erosus ini termasuk tanaman umbian yang termasuk dalam polong-polongan dengan kandungan air yang banyak.

Bengkoang memiliki banyak kandungan dan zat yang baik bagi kesehatan seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zinc, magnesium, antioksidan, sumber prebiotik, anti sembelit, menurunkan berat badan. 

Selain baik untuk kesehatan, bengkoang juga baik untuk kecantikan. Lantas apa saja manfaat bengkoang untuk kecantikan? Berikut 5 manfaat bengkoang untuk kecantikan.


1. Mencerahkan Kulit

Manfaat buah bengkoang yang pertama untuk kecantikan adalah mampu mencerahkan wajah dan tubuh. Manfaat ini didapatkan dari sari pati bengkoang. 

Dengan memarutkan buah bengkoang dan memerasnya. Ambil air hasil perasan tersebut dan diamkan beberapa menit untuk menghasilkan endapatan. Baiknya, gunakan masker bengkoang ini pada malam hari dan bilas pada pagi harinya untuk hasil yang maksimal.


2. Mencegah Penuaan Dini

Bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap lembab dan ternutrisi. Selain itu antioksidan ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sel dan melawan radikal bebas.


3. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori yang besar adalah salah satu penyebab terjadinya jerawat. Untuk mengecilkan pori-pori, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan bengkoang sebagai masker wajah.


4. Melembabkan Dan Menyegarkan Kulit

Kaya akan nutrisi menjadikan bengkoang sangat baik untuk melembabkan dan menyegarkan kulit. Konsumsi bengkoang secara langsung atau diolah menjadi jus dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.


5. Merawat dan Menghidrasi Rambut

Selain untuk perawatan kulit, bengkoang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Dengan adanya vitamin A yang terkandung dalam buah bengkoang, menjadikan pertumbuhan rambut lebih cepat dan melindungi minyak di dalam kulit kepala. S

elain itu, kandungan vitamin B6 dalam bengkoang dapat memproduksi melanin dan memperkuat warna asli pada rambut.

(Ni Nyoman Mastika Mega Puspita)

Berita terkait
4 Manfaat Minyak Marula untuk Kecantikan Kulit
Selama beberapa tahun terakhir, buah ini diolah menjadi minyak unggulan yang menawarkan serangkaian manfaat kecantikan bagi kulit.
5 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit
Kandungan antioksidan dan polifenol yang terkandung dalam teh hijau dipercaya dapat melindungi kulit dan membantu mempertahankan keremajaannya.
Cara Kerja dan Manfaat Dermaroller Bagi Kecantikan
Dermaroller merupakan alat perawatan wajah yang berbentuk roda dan dilapisi oleh jarum-jarum kecil. Nah, inilah cara kerja dan manfaatnya.
0
Sering Jadi Bahan Skincare, Inilah Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan
Selain baik untuk kesehatan, bengkoang juga baik untuk kecantikan. Lantas apa saja manfaat bengkoang untuk kecantikan? Simak ulasannya ini.