Vokasi Kemdikbud

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

Daun kelor telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional dan juga dikenal sebagai bahan dasar produk kecantikan wajah.
Ilustrasi - Manfaat daun kelor atau moringa oleifera. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Daun kelor atau moringa oleifera telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, daun yang mirip katuk ini juga diketahui dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan wajah.

Berdasarkan Stylesatlife, daun kelor sering diolah menjadi bubuk dan dikenal dengan nama Munaga ara, Sajna, Sigru, Murinna, Tella-Munaga, Mulaga, Murungai, Nuggekai dan lain sebagainya.

Bubuk kelor sangat rendah lemak dan kaya akan komponen lain, seperti protein, vitamin, dan mineral. Kombinasi tersebutlah yang membuatnya cocok dijadikan sebagai produk perawatan kulit. Berikut manfaat daun kelor untuk kecantikan.


1. Mengatasi Jerawat

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, daun kelor bisa dijadikan perawatan wajah untuk mencegah munculnya jerawat. Hal tersebut berkat kandungan antioksidan di dalamnya.


2. Menghidrasi Kulit Kering

Direktur Joyful Skin Clinic, dr. Kemi Fab, mengatakan bahwa skin care pelembap yang mengandung daun kelor dapat memberikan manfaat signifikan untuk perawatan kulit kering dan bersisik.

Hal tersebut berkat kandungan vitamin E, asam oleat, dan antioksidan dalam daun kelor, yang dapat membantu menjaga hidrasi kulit kering.


3. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Bermasalah dengan minyak berlebih di wajah? Jika ya, sudah saatnya Anda mencoba perawatan alami dengan daun kelor.

Faktanya, antioksidan di dalam daun kelor dapat membantu mengoptimalkan proses regenerasi kulit wajah. Selain itu, senyawa tersebut juga bisa mengatur keseimbangan kadar hormon, sehingga mencegah produksi minyak berlebih dan menurunkan risiko peradangan.


4. Pembentukan Kolagen Alami di Kulit

Ahli kecantikan, ahli biokimia, dan pendiri Amethyst Skincare, Nicole Simpson, menyatakan bahwa daun kelor mengandung vitamin C yang tinggi, bahkan tujuh kali lebih banyak daripada jeruk. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen secara optimal.

Manfaat daun kelor terkait kolagen pernah diamati melalui penelitian kecil pada manusia. Partisipan yang mendapatkan ekstrak daun kelor selama tiga bulan memiliki kadar kolagen yang optimal sehingga elastisitas kulit juga lebih terjaga.


5. Mengurangi Tanda Penuaan

Kulit Anda terpapar stresor, seperti polusi dan radiasi ultraviolet matahari hampir setiap hari. Hal tersebut dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, dan kulit kendur.

Untungnya, kondisi tersebut dapat dihindari dengan bantuan masker daun kelor. Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita, daun kelor memiliki antioksidan tinggi sehingga bisa menurunkan risiko penuaan dini pada kulit.

Faktanya, daun kelor tinggi akan kandungan vitamin A yang terbukti paling ampuh untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel kulit.

Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin C dan E, yang dapat membantu meningkatkan pembaruan kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan menutrisi kulit.

Nah, bagi Anda yang ingin menunda penuan dan tetap awat muda kala usia senja, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan daun kelor. []

Berita terkait
Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan
Berikut Tagar rangkumkan manfaat kesehatan dari dark chocolate atau cokelat hitam yang dikutip dari laman Healthline.
Tujuh Manfaat Charcoal untuk Kesehatan dan Kecantikan
Charcoal atau zat arang kini banyak diolah bersama produk kecantikan dan kesehatan. Zat arang ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
0
5 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah
Daun kelor telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional dan juga dikenal sebagai bahan dasar produk kecantikan wajah.