UNTUK INDONESIA
Seri iPhone Lama Kini Dijual Tanpa Adapter Charger
Konsumen yang ingin membeli seri iPhone ini harus merogoh kocek lagi untuk membeli adapter charger secara terpisah.
Paket penjualan iPhone XR. (Foto: Tagar/Apple)

Jakarta - Apple akan mengirimkan iPhone 12 kepada konsumen tanpa menyertakan adapter charger. Hal tersebut diklaim perusahaan sebagai langkah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Namun ternyata langkah ini juga diterapkan Apple untuk seri iPhone lama.

Melansir laman GSM Arena, Sabtu, 17 Oktober 2020, Apple telah memperbarui paket penjualan mereka untuk perangkat iPhone yang masih dijual setelah iPhone 12 dirilis. Perangkat-perangkat tersebut antara lain seri iPhone 11, iPhone XR, dan iPhone SE 2020.

Jadi apabila konsumen ingin membeli salah satu dari tiga model tersebut, maka konsumen harus merogoh kocek lagi untuk membeli adapter charger. Pasalnya, dalam paket penjualan, Apple hanya menyertakan unit dan kabel USB-C ke Lightning saja.

Hal ini berlaku untuk semua region, kecuali Prancis yang masih mendapatkan EarPods dalam paket penjualannya. Alasan mengapa hanya negara Prancis saja yang berbeda, karena negara tersebut yang mewajibkan paket penjualan smartphone berisi headset atau earphone di dalamnya.

Meskipun secara tidak langsung memaksa pengguna untuk membeli adapter charger dan EarPods secara terpisah, namun Apple juga turut menurunkan harga dari kedua aksesoris ini. Adapter charger USB-C 20 Watt yang baru mereka perkenalkan dibanderol 19 dolar atau sekitar Rp 280 ribu dan ini bisa digunakan juga untuk iPad 10,5 inci dan iPhone 12.

Selain itu, Apple juga meluncurkan teknologi wireless charging baru yang diberi nama MagSafe. Dengan kata lain, teknologi ini dirilis untuk dijadikan alternatif apabila konsumen enggan menggunakan charger dengan kabel.[]

Berita terkait
Pilihan Apple Antara 5G dan Layar 120Hz untuk iPhone 12
Apple lebih memilih konektivitas 5G untuk digunakan dalam iPhone 12 karena lebih mudah untuk dipasarkan.
Harga dan Spesifikasi Lengkap iPhone 12 Mini dan iPhone 12
iPhone 12 Mini dibanderol seharga 699 dolar atau sekitar Rp 10,3 juta, sedangkan iPhone 12 dipasarkan seharga 799 dolar atau sekitar Rp 11,8 juta.
iPhone 12 Resmi Rilis, Jadi iPhone Pertama dengan Koneksi 5G
Seri iPhone 12 hadir sebagai iPhone pertama yang mendukung konektivitas 5G.
0
Seri iPhone Lama Kini Dijual Tanpa Adapter Charger
Konsumen yang ingin membeli seri iPhone ini harus merogoh kocek lagi untuk membeli adapter charger secara terpisah.