Jakarta, (Tagar 1/2/2019) - Beragam tudingan kerap mengarah ke adik Basuki Tjahja Purnama (BTP) atau Ahok, Fifi Lety, seputar perceraian mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dengan Veronica Tan.

Fifi Lety acap kali dituding sosok pelapor perselingkungan Veronica Tan dengan seorang pengusaha bernama Julianto Tio. Ahok dan Veronica Tan kemudian bercerai pada 2018.

Tak ingin terus diam dalam tudingan, Fifi Lety meluruskan kebenaran terkait dirinya yang selalu dianggap sosok pelapor perselingkuhan Veronica Tan kepada Ahok.

Melalui akun Instagramnya, @fifiletytjahajapurnama, Fifi Lety mengatakan semua bermula dari sepatu basah.

Saat berada di Singapura pada November 2017 pagi, sepatu Fifi Lety dipakai Veronica Tan untuk membeli kopi. Sepatu itu basah setelah dipinjam.

Berbincang santai dengan Ahok, Fifi Lety bercerita tentang topik sepatu basah setelah dipakai Vero. Namun, ternyata tanggapan Ahok berbeda.

Ahok Vero PuputVeronica Tan, Ahok BTP dan Puput Nastiti Devi. (Foto: Tagar/AF)

Dari perbincangan sepatu basah itu Ahok naik pitam lalu menuduh istrinya kala itu, Veronica Tan, menemui selingkuhannya yang disebut 'good friend'.

"Ternyata Ahok marah dan bilang sis Vero pasti ketemu ama good friend, dan ini uda tujuh tahun sambil kasih liat saya semua bukti2," tulis Fifi Lety dalam Instagramnya.

Baca juga: Tetangga Sebut Ahok dan Puput akan Menikah di Surabaya

Namun, cek-cok itu memudar berganti menjadi saling memafkan. Komunikasi antara Ahok dan Veronika Tan kembali normal laiknya suami-istri.

Bulan terakhir di akhir 2017 itu penuh cinta antara Ahok dan Veronica Tan. Mantan Bupati Belitung Timur itu sempat mengirimkan kata-kata penuh kasih sayang kepada Veronica Tan yang merayakan ulang tahun pada 4 Desember 2017.

"Baik sis Vero dan Ahok mereka baikan dan semua happy bahkan tangal 4 December 2017 Ahok buat surat cinta dibacain," tulis Fifi Lety lagi.

Kejadian tujuh tahun lalu itu menjadi bukti yang dikumpulkan Ahok kemudian dibeberkan kembali kepada Fifi Lety. Awalnya, Fifi Lety mengacuhkan Ahok. Dia tidak percaya dengan apa yang dijelaskan kakaknya itu.

Ahok VeronicaAhok BTP dan Veronica Tan, tak ada yang abadi di dunia ini. (Foto: Facebook/Basuki Tjahaja Purnama)

Namun, sekitar dua tahun belakangan, ketika perceraian antara Ahok dan Veronica Tan belum terjadi, Fifi Lety mulai mempercayai penjelasan kakaknya itu.

Baca juga: Jadi Nikah, Ahok Jalani Pemotretan Prewedding 7 Jam di Studio

Kemudian, Fifi Lety menegaskan, bukan dia yang menyebabkan Veronica Tan dan Ahok bercerai. Dia hanya menjadi seseorang yang mengetahui awal mula cek-cok tersebut.

"Jadi bukan gara-gara saya mereka cerai," tulisnya.

Fifi Lety lalu menulis, Ahok sempat memperingatkan Veronica Tan untuk menjaga jarak hingga menjauh dengan 'good friend'nya itu. Namun kenyataanya, Veronica Tan dan seorang pengusaha bernama Julianto Tio itu masih saling berkomunikasi.

Bukti Veronica Tan masih berkomunikasi dengan 'good friend' nya itu sempat dilihat Fifi Lety dalam bentuk rekaman video. Kedekatan keduanya akhirnya meretakan rumah tangga Veronica Tan dengan Ahok. Ahok langsung menggugat cerai pada 5 Januari 2018.

"Semua cerita ini sudah ada di surat gugatan cerai yang entah siapa yang bocorkan," ujar Fifi lagi.

Sebagai penutup pernyataan di Instagram, Fifi Lety berharap masyarakat mendoakan yang terbaik bagi keluarganya.

Seperti diketahui, setelah bercerai dengan Veronica Tan dan bebas dari rumah tahanan Mako Brimob, Depok, pada 24 Januari 2019, Ahok dikabarkan akan menikah dengan mantan polwan bernama Puput Nastiti Devi.

Informasi itu menggelinding menjadi membesar setelah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut rencana Ahok dan Puput mengucap janji suci itu akan berlangsung pada 15 Februari 2019.

Baca juga: Sahabat Ungkap Kehidupan Asmara Ahok Semasa Kuliah