Sepak Terjang Doni Monardo Sebelum Pamit dari BNPB

Setelah digantikan Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito sebagai kepala BNPB, Doni Monardo pamit sembari mengucapkan terima kasih telah bekerja sama.
Doni Monardo pamit dari kepala BNPB. (Foto: Tagar/Setneg.go.id)

Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, menggantikan Doni Monardo, yang sudah menjabat selama dua tahun sebagai kepala BNPB.

Doni Monardo pamit sebagai Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang disampaikan secara tertulis, Rabu, 26 Mei 2021.

"Kami mohon pamit sebagai Kepala BNPB, sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, juga berakhirnya masa tugas sebagai TNI aktif dan memasuki masa purna bakti," kata Doni Monardo, secara tertulis.

Doni yang menjabat sejak awal Januari 2019 telah melakukan banyak pencapaian bersama BNPB, sepak terjang Doni sangat luar biasa selama memimpin penanggulangan bencana di Indonesia.

Pengalaman dalam menangani bencana berskala besar, seperti gempa bumi Sulawesi Barat, dan cuaca ekstrem di Nusa Tenggara Barat sangat diapresiasi oleh banyak pihak. Termasuk penanganan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung juga layak diacungi jempol.

Selama menjabat sebagai kepala BNPB banyak upaya yang dilakukan Doni terutama dalam penanganan Covid-19, yang tidak henti-hentinya meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Perlu diakui berbagai pemikiran dan langkah konkret juga dilakukan Doni Monardo dalam menumbuhkan organisasi dan penanggulangan bencana di Indonesia.


Jargon 'Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita' sangat kuat dalam kepemimpinannya sebagai salah satu upaya untuk mengurangi risiko bencana atau mitigasi bencana.


Dalam kepemimpinannya mitigasi vegetasi menjadi model dalam penanganan bencana hidrometeorologi basah dan geologi, seperti banjir, tanah longsor dan tsunami.

Selain itu, pendekatan pentaheliks memberikan nuansa kolaborasi dan kerja sama nyata dalam penanggulangan bencana di Tanah Air. Pentaheliks yang terdiri dari pemerintah, pakar, akademis, lembaga usaha, masyarakat dan media massa menjadi wujud konkret untuk terus mengkampanyekan bahwa penanggulangan bencana adalah urusan bersama.

Doni juga menyampaikan terima kasih atas segala dukungan, kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama dia menjabat sebagai kepala BNPB.

Doni segera memasuki masa pensiun sebagai perwira TNI aktif. Presiden Jokowi kemudian menunjuk Ganip Warsito untuk meneruskan tongkat estafet Kepala BNPB dari tangan Doni. []

Berita terkait
Sudah Sembuh, Doni Monardo Siap Sumbang Plasma Konvaselen
Doni Monardo telah sembuh dari Covid-19 setelah menjalani isolasi mandiri selama 20 hari.
Positif Covid, Doni Monardo Pantau Gempa Sulbar Via WhatsApp
Meski sedang jalani isolasi mandiri karena positif Covid-19, Doni Monardo tetap memantau penanganan bencana Sulbar melalui WhatsApp.
Positif Covid, Doni Monardo Minta Masyarakat Hindari Makan Bersama
Doni Monardo positif terpapar Covid-19, dirinya minta masyarakat hindari makan bersama guna cegah penyebaran.
0
Biden Ingatkan Rakyat Amerika Terkait Pengorbanan Tentara
Presiden Biden beri penghormatan kepada korban perang AS dengan mengingat pengorbanan mereka untuk kebebasan Amerika