Seoulite Merch, Toko Online K-Pop Milik Mahasiswa Makassar

Sejumlah mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar berinisiatif menghadirkan toko layanan online khas Korea Selatan.
Contoh merch K-pop yang dijual Munawara, salah satu mahasiswa di Makassar. (Foto: Tagar/Dok. Munawara)

Makassar - Melihat perkembangan budaya Korean pop (K-pop) semakin pesat di Kota Makassar, sejumlah mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar kemudian berinisiatif untuk menghadirkan layanan toko online yang khusus menyediakan berbagai produk Korea Selatan.

"Awalnya saya dan teman-teman suka belanja di olshop merchandise K-Pop. Namun, kami tidak mendapatkan toko online berlokasi di Makassar. Akibatnya, kami harus membayar ongkos kirim yang lumayan tinggi, bahkan melebihi harga barang yang diinginkan," kata Munawarra, salah seorang pemilik toko online Seoulite Merch, Senin, 12 Oktober 2020.

Saat ini sebagian besar lapisan masyarakat Indonesia tidak asing mendengar istilah K-pop.

Munawarra menyebutkan, awal mula munculnya ide ini melihat banyak teman-teman di kampus yang berminat memiliki merchandise K-Pop. Namun, kesulitan untuk menemukan toko online di wilayah Makassar yang secara khusus memasarkan produk tersebut.

"Saat ini sebagian besar lapisan masyarakat Indonesia tidak asing mendengar istilah K-pop. Demam Korea atau yang dikenal sebagai Hallyu di Indonesia telah menjangkiti kalangan anak muda," ujarnya, mahasiswi Fakultas Farmasi Unhas 2017 itu.

Berkaitan dengan nama Seoulite Merch sendiri, Munawarra menyebut itu berasal dari kata Seoul yang merujuk pada nama ibu kota Korea Selatan, dan Merch yang diambil dari singkatan merchandise.

Berkat dari inovasi ini, Munawarra dan rekannya berhasil mendapatkan pendanaan dari Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) tahun 2020.

"Melalui pendanaan KIBM kami akan memulai dengan menyediakan stok merchandise sehingga pelanggan tidak lagi melakukan pre order. Selain itu, untuk meningkatkan jumlah konsumen, Muna bersama tim akan mengoptimalkan promosi barang dengan menggunakan platform media sosial dan memanfaatkan jasa Selebgram Makassar," jelasnya. []

Berita terkait
K-Pop Korea Selatan Mulai Dari Psy Sampai EXO
Musik K-Pop punya penggemar yang banyak di Indonesia sehingga dianggap sebagai kedigdayaan bahasa dan budaya Korea Selatan
Korea Selatan Ingin Dunia Belajar Bahasa Korea dengan K-Pop
Popularitas K-Pop yang mendunia akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Korea Selatan untuk mempromosikan bahasa dan budaya Korea.
Tips Makeup Natural Korea ala Bintang K-Pop IU
Tak banyak memoles wajahnya dan pede dengan gaya makeup natural, penyanyi K-Pop IU tetap mempesona.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.