Makassar - Melihat perkembangan budaya Korean pop (K-pop) semakin pesat di Kota Makassar, sejumlah mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar kemudian berinisiatif untuk menghadirkan layanan toko online yang khusus menyediakan berbagai produk Korea Selatan.
"Awalnya saya dan teman-teman suka belanja di olshop merchandise K-Pop. Namun, kami tidak mendapatkan toko online berlokasi di Makassar. Akibatnya, kami harus membayar ongkos kirim yang lumayan tinggi, bahkan melebihi harga barang yang diinginkan," kata Munawarra, salah seorang pemilik toko online Seoulite Merch, Senin, 12 Oktober 2020.
Saat ini sebagian besar lapisan masyarakat Indonesia tidak asing mendengar istilah K-pop.
Munawarra menyebutkan, awal mula munculnya ide ini melihat banyak teman-teman di kampus yang berminat memiliki merchandise K-Pop. Namun, kesulitan untuk menemukan toko online di wilayah Makassar yang secara khusus memasarkan produk tersebut.
"Saat ini sebagian besar lapisan masyarakat Indonesia tidak asing mendengar istilah K-pop. Demam Korea atau yang dikenal sebagai Hallyu di Indonesia telah menjangkiti kalangan anak muda," ujarnya, mahasiswi Fakultas Farmasi Unhas 2017 itu.
Berkaitan dengan nama Seoulite Merch sendiri, Munawarra menyebut itu berasal dari kata Seoul yang merujuk pada nama ibu kota Korea Selatan, dan Merch yang diambil dari singkatan merchandise.
Berkat dari inovasi ini, Munawarra dan rekannya berhasil mendapatkan pendanaan dari Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) tahun 2020.
"Melalui pendanaan KIBM kami akan memulai dengan menyediakan stok merchandise sehingga pelanggan tidak lagi melakukan pre order. Selain itu, untuk meningkatkan jumlah konsumen, Muna bersama tim akan mengoptimalkan promosi barang dengan menggunakan platform media sosial dan memanfaatkan jasa Selebgram Makassar," jelasnya. []