UNTUK INDONESIA

Sensasi Lotek Bu Bagyo yang Legendaris di Yogyakarta

Lotek dikenal sebagai makanan sehat, karena berbahan sayuran. Di Yogyakarta ada lotek yang sudah legendaris, namanya Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo.
Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo yang legendaris di Yogyakarta. (Foto: Twitter @UlfaNugita)

Yogyakarta - Lotek dikenal sebagai makanan sehat. Makanan ini berbahan dasar sayur seperti bayam, kubis, dan tauge. Komoditas sayur hijau ini sangat populer di kalangan orang Jawa tak terkecuali Yogyakarta. Ada satu penjual lotek yang sudah melegenda sejak tahun 80-an, yaitu warung Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo.

Warung pertamanya yaitu di timur perempatan Jalan Sagan, Yogyakarta. Lapak tenda tersebut akhirnya pindah ke Jalan Gejayan, Sleman. Dari sinilah warga mengenalnya dengan sebutan Lotek Colombo.

Baca Juga:

Caraka Kristiadhi, 30 tahun, pengelola Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo mengatakan, sejak dulu hingga sekarang warung terus berkomitmen mempertahankan kualitas sayuran untuk lotek dan gado-gado jualannya. “Kami ambil sayuran semua langsung dari petani,” kata Kris, cucu Bu Bagyo saat bercerita. Sabtu, 2 Februari 2021.

Termasuk rasa dan porsi lotek Bu Bagyo tak pernah berubah walaupun sudah tergerus waktu. Saat ini, warung yang cukup melegenda ini sudah mempunyai 13 cabang di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. “Memang sengaja porsinya segitu sejak dulu, nggak berubah," ucap dia.

LotekLotek dan Gado-gado Bu Bagyo yang legendaris di Yogyakarta. (Foto: IG @pesansajacom)

Satu hal yang menjadi perbedaan lotek jualan Bu Bagyo dengan yang lainnya ialah keberadaan bakwannya. Di sini, isian lotek tidak sekadar sayuran dan kupat seperti pada umumnya, namun juga ada potongan bakwan goreng. Sudah bisa membayangkan betapa enaknya lotek Bu Bagyo bukan?

Sayurannya pun sangat beragam, mulai dari bayam, kol, tauge, timun, dan tomat yang disiram saus kacang pedas. Lotek di sini diracik langsung setelah dipesan. Sehingga pembeli bisa memesan tingkat kepedasan yang diinginkan. Setelah itu, bumbu lotek akan dihaluskan bersama kacang tanah dan cabai.

Keberadaan potongan bakwan goreng menambah rasa gurih.

Kris melanjutkan, kacang yang sudah ditambah sedikit air ini dicampur dengan sayur-mayur yang sudah direbus terlebih dahulu serta potongan ketupat. Nantinya sepiring lotek ini kemudian ditutup kerupuk bawang yang melimpah," ungkap dia. "Keberadaan potongan bakwan goreng menambah rasa gurih," kata Kris.

Dari ketiga belas cabang itu, outlet di Sagan ini merupakan satu-satunya outlet yang buka sampai malam. Jika warung lainnya buka pukul 08.30 hingga 17.00 WIB, maka outlet Sagan melayani pembeli hingga pukul 21.00 WIB.

Baca Juga:

Setiap saat, warung Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo ramai dipenuhi kalangan pekerja dan rombongan keluarga. Dalam sehari seluruh warungnya bisa menjual sebanyak 1.300 porsi lotek.

Selain lotek, menu yang sangat digemari di sini ialah gado-gado. Meski begitu, warung ini juga menyediakan menu lainnya, seperti kupat tahu, tahu guling, ketoprak, serta capcay. []

Berita terkait
Deretan Makanan dengan Banyak Energi untuk Tubuh
Berikut Tagar rangkum sejumlah makanan yang dapat memberi anda banyak energi yang dikutip dari laman Healtline.
Resep Nasi Tutug Oncom, Makanan Olahan Oncom Khas Sunda
Berikut resep nasi tutug oncom olahan khas Sunda.
7 Jenis Makanan Khas Natal dari Berbagai Negara
Berikut Tagar rangkumkan 7 jenis makanan khas Natal di berbagai negara.
0
Sensasi Lotek Bu Bagyo yang Legendaris di Yogyakarta
Lotek dikenal sebagai makanan sehat, karena berbahan sayuran. Di Yogyakarta ada lotek yang sudah legendaris, namanya Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo.