Sengketa Kandas di MK, Bobby Nasution Wali Kota Medan 2021-2024

Dengan gugurnya gugatan ini, Bobby Nasution-Aulia Rachman akan menjabat sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan periode 2021-2024.
Wali Kota Medan terpilih, Bobby Nasution di hadapan relawan menyampaikan fokusnya untuk mewujudkan janji kampanye. (Foto: Tagar/Andi Nasution)

Medan - Mahkamah Konstitusi (MK) menggugurkan gugatan sengketa Pilkada Medan 2020 yang diajukan pasangan nomor urut 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

Dengan gugurnya gugatan ini, pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman akan menjabat sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Medan periode 2021-2024.

Untuk jadwal penetapan pasangan terpilih, akan dibahas dalam pleno internal KPU Medan

Berdasarkan salinan MK tentang ketetapan nomor: 41/PHP.KOT-XIX/2021, menyatakan permohonan pemohon gugur.

Gugurnya gugatan sengketa Pilkada Medan 2020 ini, disikapi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dengan menyiapkan sidang pleno penetapan wali kota terpilih.

"Untuk jadwal penetapan pasangan terpilih, akan dibahas dalam pleno internal KPU Medan," kata Komisoner KPU Medan Divisi Hukum dan Pengawasan, Zefrizal.

Baca juga:

Sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan dan jadwal pemilihan dan surat dinas KPU nomor 135 tahun 2021. Disebutkan bahwa lima hari setelah MK menggugurkan atau menolak permohonan termohon, maka KPU kabupaten/kota harus menetapkan calon terpilih.

Untuk diketahui, pada Pilkada Medan 2020, pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman unggul dalam penghitungan suara dengan meraih 393.327 suara.

Sedangkan pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi hanya mampu memperoleh 342.580 suara. []

Berita terkait
Jadwal dan Tempat KPU Pleno Bobby Nasution Wali Kota Medan
Setelah MK menggugurkan perkara sengketa Pilkada Medan 2020, KPU setempat segera memplenokan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan.
Sambut Imlek, Bobby Nasution Temui Komunitas Hao Xiong Di
Bobby Nasution memuji Hao Xiong Di sebagai bagian keluarga besarnya yang ikut membantu pemenangan di Pilkada Medan 2020.
Bobby Nasution Bawa Sedah Mirah Arungi Sungai Deli Medan
Menikmati akhir pekan di Kota Medan, Bobby Nasution membawa putri sulungnya Sedah Mirah Nasution mengarungi Sungai Deli.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.