UNTUK INDONESIA
Selebriti Mualaf Jalani Puasa Ramadan Pertama 2019
Deratan nama selebriti ini adalah mereka yang baru saja memeluk Islam. Puasa Ramadan 2019 ini adalah puasa pertama mereka.
Eryck Amaral. (Foto: instagram)

Jakarta - Deratan nama selebriti ini adalah mereka yang baru saja memeluk Islam. Mereka disebut sebagai mualaf karena berpindah agama ke agama Islam dari agama sebelumnya. Puasa Ramadan 2019 ini adalah puasa pertama mereka.

Mereka telah mengucapkan dua kalimat syahadat: ʾašhadu ʾal lā ilāha illa l-Lāh, wa ʾašhadu ʾanna muḥammadar rasūlu l-Lāh. Artinya, Aku Bersaksi Tiada Tuhan Selain Allah, dan Aku Bersaksi Nabi Muhammad Utusan Allah.

Beralih agama atau keyakinan bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor, pertimbangan, dan pastinya keteguhan hati bagi seseorang untuk berpindah keyakinan.

Mereka wajib puasa Ramadan karena telah menjadi seorang muslimin. Puasa menjadi pengalaman baru bagi mereka yang sebelumnya tidak pernah puasa Ramadan.

Tagar, Jumat, 10 Mei 2019, menghimpun sejumlah artis mualaf yang pada 2019 ini menjalani ibadah puasa Ramadan pertama. Mereka adalah aktor, penyanyi dan atlet.


1. Lindswell Kwok

Pernikahan LindswellLindswell Kwok. (Foto: Istimewa)

Ratu Wushu yang sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia ini memutuskan menjadi mualaf ketika menikah dengan Achmad Hulaefi. 

Kabar tersebut terdengar saat Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mengunggah momen pertemuannya dengan Lindswell. Ia tampak mengenakan busana muslim dan hijab poanjang.

Kehadirannya ternyata untuk mengabarkan tentang pernikahaannya. Lindswell Kwok dan Achmad Hualefi diketahui menggelar resepsi pernikahan akhir tahun lalu, pada 9 Desember 2018. 

Sesaat sebelum resepsi pernikahan tersebut, Lindswell Kwok bahkan sudah mantap mengenakan hijab. Meski begitu, tak diketahui sejak kapan Lindswell Kwok memutuskan menjadi mualaf. Tahun 2019 adalah kali pertama Lindswell menjalani ibadah puasa sebagai muslimah.

Mereka menjalani pengalaman pertama seperti makan sahur, berbuka, dan amalan ibadah lain di bulan Ramadan. Banyak dari mereka yang juga membagikan aktivitas sehari-harinya di media sosial.


2. Ujung Oppa

Ujung OppaUjung Oppa. (Foto: youtube)

YouTuber Ujung Oppa memutuskan menjadi mualaf dan mengucapkan dua kalimat syahadat pada 24 Maret 2019. Dalam video singkat tersebut, diperlihatkan bagimana Ujung Oppa ini dibimbing oleh temannya dan seorang ustaz mengucapkan kalimat syahadat dalam bahasa Arab dan Indonesia.

Dalam keterangan video, Ujung Oppa juga mendeklarasikan diri kini dia menjadi seorang mualaf yang memeluk agama Islam. 

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada sahabatnya asal Korea Selatan yang bernama Muhammad Son. Ujung Oppa juga membagikan aktivitas selama bulan Ramadan di akun YouTube-nya. Pria asal Korea Selatan ini membeli makanan sahur di warung nasi padang pada pukul 02.00 dini hari WIB.


3. Roger Danuarta

Roger DanuartaRoger Danuarta. (Foto: instagram).

Video Roger Danuarta menjadi mualaf dan mengucapkan dua kalimat syahadat ini beredar di akun Instagram @mualafcenteryogyakarta. Dalam video yang viral, terlihat Roger Danuarta dibimbing oleh seorang pria ketika mengucapkan dua kalimat syahadat.

Momen Ramadan 1440 H/2019 ini menjadi puasa pertama bagi Roger Danuarta sebagai seorang muslim. Roger Danuarta pun mengungkapkan kebahagiaannya ketika bisa melaksanakan sahur pertama di bulan Ramadan ini.

4. Eryck Amaral

Eryck AmaralEryck Amaral. (Foto: instagram)

Eryck Amaral yang saat ini resmi menjadi suami Aura Kasih juga semangat puasa pada bulan Ramadan. 

Eryck yang memutuskan untuk mualaf saat menikahi Aura, kini turut menjalankan ibadah puasa bersama umat muslim lainnya. Maka tak heran, jika Aura Kasih sangat antusias dalam menyiapkan menu berbuka untuk suaminya tersebut. 

Hal itu terlihat melalui unggahan video di Instagram-nya. Aura juga menceritakan bahwa meski ini pertama kali Eryck menjalani puasa, dia juga menyiapkan santap sahurnya sendiri.

5. Sinead O'Connor

Sinead  O'Connor atau Magda DavittSinead O'Connor alias Magda Davitt. (Foto: TWITTER/@MAGDADAVITT77)

O'Connor yang sempat mengganti nama resminya menjadi Magda Davitt semula menganut agama Katolik. Kini, perempuan 51 tahun itu mantap memeluk agama Islam. Dia mengumumkan kabar tersebut melalui media sosial Twitter.

Sang musisi juga membagikan video dia mengumandangkan azan. Pada keterangan video, O'Connor menuliskan bahwa lantunan azan pertamanya itu memuat beberapa kesalahan pengucapan bahasa Arab karena dia merasa sangat emosional.

Padahal, azan yang dia rekam itu sudah dilatih selama 30 kali. Dia pun meminta maaf kepada warganet yang menyimak video. Lewat cuitan lain, O'Connor berbagi cerita bahwa dia mendapatkan hijab pertamaya dari seorang teman di Dublin. Keputusannya sebagai mualaf tersebut menjadikan Sinead untuk berpuasa pada bulan Ramadan untuk pertama kalinya. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
OJK Sul-Sel: Masyarakat Selektif Memilih Investasi
OJK Sulawesi Selatan menyayangkan masih banyaknya warga yang tertipu oleh investasi bodong seperti arisan online sosialita manja di Makassar.