UNTUK INDONESIA

Sejarah Sembilan Tempat Pemandian di Uni Eropa

Inilah sembilan tempat pemandian bersejarah di Benua Eropa, yang sedang dipertimbangkan jadi Warisan Budaya Dunia versi UNESCO
Bath, Inggris (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Inilah sembilan tempat pemandian bersejarah di Benua Eropa, yang sedang dipertimbangkan jadi Warisan Budaya Dunia versi UNESCO. Anne Termeche menuliskannya untuk dw.com/id.

pemandian1Bad Kissingen, Jerman (Foto: dw.com/id)

Bad Kissingen, Jerman. Tujuh mata air yang kaya mineral bermunculan di dan sekitar kota Bad Kissingen di negara bagian Bayern. Air sehat itu disalurkan lewat air mancur bersejarah ini. Bad Kissingen adalah sebuah kota kecil berpenduduk sekitar 100 ribu orang, yang sejak dulu menjadi pusat wisata pemandian tradisional.

pemandian2Bad Ems, Jerman (Foto: dw.com/id)

Bad Ems, Jerman. Kenyamanan juga sangat penting bagi kesehatan. Kota cantik Bad Ems dibangun memenuhi kebutuhan pariwisata pemandian sehat kaum bangsawan di masa lalu. Di masa sekarang, fasilitas pemandian disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dengan teknologi modern, seperti di hotel ini: Kurhotel an der Lahn. Kata "bad" dalam bahasa Jerman berarti "mandi" atau "pemandian".

pemandian3Frantiskovy Lazne, Republik Ceko (Foto: dw.com/id)

Frantiskovy Lazne, Republik Ceko. Salah satu lokasi pemandian tradisional yang paling terkenal di Eropa ada di Republik Ceko. Yang terbaru adalah Frantiskovy Lazne, yang sekarang menjadi satu dari tiga resor spa terkenal di Ceko. Pemandian ini sudah beroperasi sejak abad ke-18. Seratus tahun kemudian diperluas menjadi kompleks mewah oleh Kaisar Franz II.

pemandian4Marianske Lazne, Republik Ceko (Foto: dw.com/id)

Marianske Lazne, Republik Ceko. Inilah resor spa mewah yang terkenal di seluruh dunia: Marianske Lazne. Para kaisar Eropa sampai Raja Inggris Edward, sastrawan dan komponis terkenal seperti Johann Wolfgang von Goethe, Richard Wagner dan Frederik Chopin pernah datang ke sini. Di hotel bersejarah Nove Lazne tersedia 225 kamar mewah dan penuh glamour.

pemandian5Spa, Belgia (Foto: dw.com/id)

Spa, Belgia. Penyebutan "spa" yang sekarang sering dipakai untuk pusat kebugaran air, berasal dari kota ini: Spa di Belgia. Di sini ada tiga ratus mata air, yang membuat kota kecil ini jadim pusat pemandian tersohor sejak abad ke-18. Spa sering menjadi tempat pertemuan para pimpinan monarki Eropa, sehingga sering dijuluki "Café Eropa."

pemandian6Vichy, Prancis (Foto: dw.com/id)

Vichy, Prancis. Khasiat air dari Vichy dikenal di seluruh dunia. Penguasa Prancis Louis XV dan Naopleon Bonapartes dirawat di sini. Karena itu banyak dibangun rumah-rumah mewah dan hotel di kawasan ini. Pusat pemandian termal dibangun bergaya oriental dan seperti sebuah gedung opera.

pemandian7Montecatini Terme, Italia (Foto: dw.com/id)

Montecatini Terme, Italia. Setengah jalan antara Pisa dan Florence terletak pemandian Montecatini Terme. Kota kecil dengan sekitar 20.000 penduduk ini merupakan resor kesehatan terbesar dan paling elegan di kawasannya. Para tamu bisa memilih tempat menginap di satu dari 200 hotel, yang semuanya punya pemandian air panas. Yang paling indah adalah Stabilimento Tettucio Spa.

pemandian8Bath, Inggris (Foto: dw.com/id)

Bath, Inggris. Bath adalah peninggalan rumah pemandian Romawi. Pada abad ke-19, selama pekerjaan konstruksi, sisa-sisa rumah mandi Romawi itu ditemukan secara kebetulan. Tapi kompleks kuno itu tidak dibuka sebagai pemandian umum karena alasan. Sebagai gantinya, dibanginThermae Bath Spa yang modern dan mulai beroperasi tahun 2005.

pemandian9Baden bei Wien, dekat Wina, Austria (Foto: dw.com/id)

Baden bei Wien, dekat Wina, Austria. 26 km di selatan kota Wina terletak Baden bei Wien. Tradisi pemandian di sini sudah ada sejak 2.000 tahun lalu, didirikan oleh orang Romawi. Sekarang, Baden bei Wien mengembangkan arsitektur spa modern, dengan atap kaca gantung yang terbesar di Eropa. pemandian termalnya mendapat pasokan dari 14 mata air. (hp)/dw.com.id. []

Berita terkait
9 Bangunan Dunia di Eropa Dikerjakan Selama 500 Tahun
Ada Sembilan bangunan di dunia yang baru selesai dikerjakan setelah 500 tahun, penyebabnya bisa karena kurang dana atau kurang minat
0
Sejarah Sembilan Tempat Pemandian di Uni Eropa
Inilah sembilan tempat pemandian bersejarah di Benua Eropa, yang sedang dipertimbangkan jadi Warisan Budaya Dunia versi UNESCO