Sejarah Indomie, Sejak 1972 Hingga Mendunia

Indomie diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 1972 silam. Indomie, berasal dari padanan kata Indonesia dan mie.
Indomie. (Foto:Tagar/Tantri)

Jakarta - Indomie diproduksi untuk pertama kalinya pada tahun 1972 silam. Indomie, berasal dari padanan kata Indonesia dan mie. Sedangkan produk Indomie yang pertama kali diperkenalkan adalah Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam yang sesuai dengan selera lidah masyarakat Indonesia kala itu.

Penjualan Indomie, mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada tahun 1982 seiring dengan diluncurkannya varian Indomie Kuah Rasa Kari Ayam.Produk Indomie semakin digemari oleh masyarakat Indonesia pada tahun 1983 dengan diluncurkannya varian Indomie Mi Goreng.

IndomieIndomie Goreng.(Foto:Tagar/Ist)

Sosok dibalik terciptanya Indomie adalah 4 orang asal Medan yakni Djajadi Djaja, Wahyu Tjuandi, Ulong Senjaya, dan Pandi Kusuma. Mereka pertama kali memproduksi Indomie lewat PT Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd. 

Terciptanya Indomie, dilatarbelakangi kelangkaan beras yang semakin melanda Indonesia saat itu. Sedangkan peracik bumbu Indomie, adalah tokoh kuliner Indonesia Nunuk Nuraini yang telah wafat Rabu, 27 Januari 2021 lalu.

Banyak orang di berbagai negara yang juga jatuh hati dengan cita rasa Indomie sesuai dengan semboyannya “Indomie Seleraku….".

Selanjutnya, Soedono Salim yang merupakan pemilik perusahaan Sarimi, tertarik untuk bekerja sama dengan Djajadi Djaja. Selanjutnya sejak tahun 1990, Sarimi dan Indomie berada di bahan perusahaan yang sama, yakni PT Indofood CBP Sukses Makmur.

Kepopuleran Indomie kian meningkat, bahkan tidak hanya populer di Indonesia, Indomie kini telah menjadi merek mie instan yang mendunia. Banyak orang di berbagai negara yang juga jatuh hati dengan cita rasa Indomie sesuai dengan semboyannya “Indomie Seleraku…..,”. 

IndomieIndomie. (Foto:Tagar/Tantri)

Los Angeles Times, juga pernah menobatkan Indomie sebagai mie instan terenak nomor satu di dunia, mengalahkan produk mi instan lain dari Korea Selatan, Thailand, bahkan Jepang.

Seiring kesuksesan tersebut, banyak pula masyarakat yang menggantungkan hidup lewat berdagang Indomie matang. Ini terbukti dari menjamurnya warung-warung Indomie pinggir jalan yang biasanya dikombinasikan dengan warung kopi. Selain itu, banyak pula orang yang mengkreasikan Indomie menjadi hidangan unik untuk kemudian dijual kembali. 

Varian rasa Indomie yang paling laris salah satunya adalah Indomie Goreng. Sejak awal kemunculannya di tahun 1982, Indomie terus melakukan inovasi untuk menemukan rasa yang paling pas dan familiar di lidah masyarakat Indonesia.

IndomieIndomie.(Foto:Tagar/Tantri)

Kemudian Indomie mengganti bubuk cabai dengan saus pedas dan menambah bawang goreng sebagai pelengkap. Menjadi best seller di Tanah Air, Indomie goreng selanjutnya diekspor ke banyak negara termasuk Amerika Serikat, Australia, Inggris, Timur Tengah dan China. []

Berita terkait
Kupas Habis Indomie Mieghetti Rasa Bolognese
Indomie Mieghetti masuk ke golongan varian rasa hype abis yang isinya lengkap dengan bumbu Bolognese. Berikut ulasan lengkapnya.
Alasan Indomie Disukai Banyak Orang Sampai Diklaim Negara Lain
Indomie terkenal sampai ke manca negara bahkan sampai diakui asal negara lain. Berikut kenapa Indomie disukai banyak orang.
Viral Kemasan Indomie Piring Kosong Edisi Ramadan
Indomie mengubah gambar kemasannya menjadi piring/mangkuk kosong disertai tertulis ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.