Sejarah Hari Sosial 22 Desember

Hari sosial diperingati setiap tanggal 22 Desember sebagai suatu perhatian yang diberikan secara sukarela demi kepentingan umum.
ilustrasi hubungan sosial (Foto : tagar/johnhain/pixabay)

Jakarta - Hari sosial diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Sebagian masyarakat tidak banyak yang tahu, bahwa tanggal 22 Desember bukan hanya Hari Ibu saja, tapi juga sebagai Hari Sosial. 

Menurut KBBI, "sosial" dapat diartikan berkenaan dengan masyarakat. Sosial juga dapat dilihat sebagai suatu perhatian yang diberikan secara sukarela demi kepentingan umum, seperti suka membantu, menolong sesama, dan sebagainya.

Hari sosial bisa kita rayakan dengan apa saja yang berkaitan langsung dengan orang-orang atau masyarakat. Setiap orang menjabarkannya sesuai kepentingan sosialnya masing-masing. Seperti Brorivai Center yaitu organisasi sosial bertujuan untuk mengembangkan konsep bantuan sosial dan gerakan tanggap sosial.

Masyarakat sosialilustrasi kerja sama tidak bisa berdiri sendiri sebagai masyarakat sosial (Foto : tagar/bob_dmyt/pixabay)

Di dalam hal organisasi, sosial dapat dilihat dalam sistem hubungan antar-individu dan antar-kelompok berdasarkan jenis kegiatan dan pembagian fungsi-fungsinya dengan sesuai untuk menyelesaikan kewajibannya secara bersama dalam masyarakat.

Sebagai gerakan sosial, dilihat dalam tindakan terencana yang dilakukan oleh lembaga bersama kelompok masyarakat diikuti program terencana dan ditujukan guna suatu perubahan atau sebagai gerakan perlawanan.

Dalam kehidupan sosial dapat menjadi nilai sosial adalah ketika kita membangun hubungan atau interaksi masyarakat dalam mewujudkan "keadilan sosial". Salah satunya masyarakat, tidak bisa hidup sendiri. Karena masyarakat termasuk makhluk sosial.

Artinya kita harus membangun kerja sama dan interaksi yang baik antar sesama untuk menghasilkan masyarakat yang bersatu. Sehingga setiap masyarakat mempujyai kesempatan yang sama dan nyata untuk tumbuh dan belajar hidup pada kemampuannya sendiri dengan dibantu oleh masyarakat lainnya.

Di hari sosial ini adalah bagaimana mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang tertuang dalam sila kelima Pancasila.

Kita bisa mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikal dan suasana keluarga, gotong royong, bersikap adil, menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, menghormati satu sama lain, membantu, suka memberi pertolongan terhadap orang lain, dan yang paling penting tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Itulah yang bisa kita lakukan atau wujudkan yang berkenaan dengan hari sosial. []

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
Sejarah Hari Juang Kartika atau Hari Infanteri 15 Desember
Hari Juang Kartika TNI-AD diperingati setiap tanggal 15 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini, sebelumnya dikenal sebagai Hari Infanteri.
Sejarah Hari Nusantara 13 Desember
Hari Nusantara diperingati setiap tanggal 13 Desember yang lahir dari deklarasi Djuanda mengenai wilayah perairan dan daratan RI adalah kesatuan.
Sejarah Hari Hak Asasi Manusia Internasional 10 Desember
Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional diperingati setiap tanggal 10 Desember sebagai tindak lanjut deklarasi universal HAM PBB tahun 1948.
0
Biden Ingatkan Rakyat Amerika Terkait Pengorbanan Tentara
Presiden Biden beri penghormatan kepada korban perang AS dengan mengingat pengorbanan mereka untuk kebebasan Amerika