UNTUK INDONESIA

Sejarah Hari Pohon Sedunia 21 November

Hari Pohon diperingati setiap tanggal 21 November untuk menghormati jasa Julius Sterling Morton, seorang aktivitis lingkungan asal Amerika Serikat.
Ilustras Hari Pohon Sedunia. (Foto:Tagar/Unsplash/Niko Photos)

Jakarta – Hari Pohon diperingati setiap tanggal 21 November setiap tahunnya untuk menghormati jasa Julius Sterling Morton, seorang aktivitis lingkungan asal Amerika Serikat, yang giat mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Julius Sterling Morton, lahir pada tanggal 22 April 1832 yang berprofesi sebagai editor koran di awal karirnya. Lalu, di masa Presiden Grover Cleveland, dia menjadi sekretaris agrikultur juga sempat menjabat sebagai Gubernur Nebraska.

Julius Sterling MortonJulius Sterling Morton, aktivitis lingkungan asal Amerika Serikat, yang mencetuskan Hari Pohon Sedunia. (Foto:Tagar/Wikipedia)

Julius Sterling Morton, sangat mendukung reservasi hutan dan berjasa dalam memberikan pelayanan yang terkoordinasi bagi para petani. Dia juga dikenal suka menanam berbagai macam pohon apel yang langka. Peringatan Hari Pohon Sedunia atau yang dikenal dengan “Arbor day”, diusulkannya pada tahun 1872.

Kata “Arbor” sendiri, diambil dari bahasa latin yang berarti pohon. Biasanya, Hari Pohon diperingati di tanggal berbeda-beda di setiap negara, tergantung iklim dan musim tanam di tiap negara. Pada peringatan Hari pohon sedunia, kita dihimbau untuk menanam banyak pohon.

PohonIlustrasi Hari Pohon Sedunia. (Foto: Tagar/Pixabay/RegalShave)

Cikal bakal Peringatan “Arbor day”, dimulai oleh Julius Sterling Morton di Nebraska pada tanggal 10 April 1872. Di hari itu, sekitar satu juta pohon berhasil ditanam di Nebraska. Langkah ini dilakukannya untuk mengukuhkan semboyan kota Nebraska “Great American Dessert”. Demi hal itu, Julius Sterling Morton bahkan rela turun dari jabatan politiknya.

Meski pencetus hari pohon adalah Julius Sterling Morton, tetapi konsep yang mirip dengan hari pohon sudah ada jauh sebelum itu. Tepatnya, di sebuah desa bernama Mondonedo (sekarang bernama Alameda de los Remedios) di Spanyol yang tercatat memiliki perayaan hari pohon pertama.

Hari PohonIlustras Hari Pohon Sedunia. (Foto:Tagar/ Unsplash/Yavor Punchev)

Selain itu, ada juga desa di Spanyol bernama Villanueva de la Sierra. Para Pendeta di desa tersebut mengadakan hari pohon modern pertama pada tahun 1805 yang didukung oleh masyarakat setempat.

Seiring dengan Peringatan Hari Pohon Sedunia, dibentuklah Yayasan Hari Pohon yang bergerak di bidang edukasi dan konservasi lingkungan. Organisasi nonprofit ini, didirikan oleh John Rosenow di Nebraska, Amerika Serikat.

Yayasan Hari Pohon, tercatat sebagai organisasi nonprofit terbesar dengan misi menginspirasi masyarakat untuk menanam, peduli dan merayakan pohon. Program mereka, didukung oleh para anggotanya, donor dan sponsor yang memiliki visi yang sama yakni “agar dunia lebih bersih dan lebih hijau”. []

Berita terkait
Sejarah Hari Pria Internasional 19 November
Hari Pria Internasional diperingati setiap tanggal 19 November yang diinisiasi oleh Dr Jerome Teelucksingh di Trinidad dan Tobago tahun 1999.
Sejarah Hari Anak Sedunia 20 November
Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November, Peringatan ini, diinisiasi oleh PBB pada tahun 1954.
Sejarah Hari Pelajar Internasional 17 November
Hari Pelajar Internasional, diperingati setiap tanggal 17 November untuk mengenang 9 siswa dan pengajar yang dieksekusi mati oleh Nazi tahun 1939.
0
Lokasi-lokasi Baliho Rizieq yang Dicopot Petugas
Bersama dengan TNI, sebanyak 300 anggota Polres Jakarta Barat menurunkan baliho bergambar Rizieq Shihab di sejumlah tempat.