Sejarah Hari Brigade Mobil (Brimob) 14 November

Hari Brigade Mobil atau Brimob Nasional diperingati setiap tanggal 14 November. Saat dibentuk Brimob diberi nama Tokubetsu Keisatsutai.
Brimob.(Foto:Tagar/Tribatanews)

Jakarta – Hari Brigade Mobil atau Brimob Nasional diperingati setiap tanggal 14 November setiap tahunnya. Saat pertama kali dibentuk, Brimob diberi nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa yang bertugas melucuti senjata tentara Jepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibu kota.

Brimob, atau yang dikenal dengan julukan Korps Baret Biru Tua merupakan unit tertua dalam Kepolisian Republik Indonesia lantaran mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada 1945.

BrimobBrimob. (Foto:Tagar/Hobi Militer)

Korps Baret Biru Tua, juga tergolong sebagai unit paramiliter negara bila ditinjau dari tugas, tanggung jawab dan ruang lingkup pokoknya, yaitu menangani kriminalitas berskala tinggi. Juga, termasuk satuan elite atau Pasukan Kusus dalam jajaran Polri.

Oentoek bersatoe dengan rakjat dalam perjoeangan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan Poelisi sebagai Poelisi Repoeblik Indonesia.

Selain itu, tugas utama si Korps Baret Biru Tua antara lain:

1. Penanganan terrorisme domestik

2. Penanganan kerusuhan

3. Penegakan hukum berisiko tinggi

4. Pencarian dan penyelamatan (SAR)

5. Penyelamatan sandera, dan penjinakan bom (EOD).

Korps Brimob, juga bersifat komponen besar dalam tubuh Polri yang dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas anti-separatis dan anti-pemberontakan, atau sering kali bersamaan dengan operasi militer.

Disamping itu tergolong sebagai "Unit Taktis Polisi" atau Police Tactical Unit (PTU) dan secara operasional bersifat kesatuan Senjata dan Taktik Khusus atau SWAT polisi (termasuk Densus 88 dan Gegana Brimob).

Brimob mulai terbentuk pada masa penjajahan Jepang tepatnya sekitar tahun 1943 -1944. Kala itu, Negeri Matahari Terbit membentuk organisasi dan barisan militer yang digerakkan pemerintah militer Jepang, sebagai bagian dari strategi perang Asia Timur Raya.

Jepang membentuk pasukan yang dapat digerakkan dengan cepat dan memiliki mobilitas tinggi, kemudian terlahirlah Tokubetsu Keisatsu Tai pada April 1944. Tokubetsu Keisatsutai beranggotakan para polisi muda dan pemuda polisi yang didirikan di setiap Karesidenan di seluruh Jawa, Madura dan Sumatera.

Tokubetsu Keisatsutai diberikan senjata yang lebih lengkap dari polisi biasa serta anggotanya di berikan pelatihan khusus militer di asrama oleh tentara Jelang.

Akhir tahun 1944, satuan Tokubetsu Keisatsutai terbentuk dengan kekuatan satu Kompi beranggotakan 60 sampai 200 orang di setiap Karesidenan, tergantung pada situasi wilayah. Kompi tersebut di bawah kekuasaan Polisi Karesidenan dan setiap Kompi Tokubetsu Keisatsutai dikomandani seorang berpangkat Itto Keibu atau Letnan satu.

Kemudian, pada 17 Agustus 1945 atau saat hari kemerdekaan Indonesia dikumandangkan di Jakarta, Komandan Tokubetsu Keisatsutai Muhammad Yasin langsung meresponnya dalam beberapa hari berselang dari Surabaya.

Tepatnya tanggal 21 Agustus 1945, Jasin mengumumkan bahwa Tokubetsu Keisatsutai beralih rupa menjadi Pasukan Polisi Republik Indonesia yang merupakan cikal-bakal lahirnya Kepolisian Republik Indonesia.

BrimobBrimob.(Foto:Tagar/Majalah Teratai)

“Oentoek bersatoe dengan rakjat dalam perjoeangan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945, dengan ini menjatakan Poelisi sebagai Poelisi Repoeblik Indonesia“, terang Jasin.

Selanjutnya, berdasarkan surat order Y. M. Menteri Kepala Kepolisian Negara No. Pol. 23 /61/ tanggal 12 Agustus 1961 menetapkan tanggal 14 November 1961 sebagai hari Mobil Brigade ke-16.

Di hari yang sama, Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno selaku Irup upacara menganugerahkan Pataka “Nugraha Cakanti Yana Utama“ sebagai penghargaan pemerintah atas pengabdian dan kesetiaan Mobil Brigade.

Presiden RI, juga secara resmi mengubah nama satuan ini dari Mobil Brigade menjadi Brigade Mobil (Brimob). Pengubahan nama ini dilakukan dengan alasan penyesuaian nama Brigade Mobil yang berkaidah bahasa Indonesia. []

Berita terkait
Sejarah Hari Kesehatan Nasional 12 November
Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 yang ditetapkan sesuai hari penyemprotan pertama kali Malaria tahun 1959.
Sejarah Hari Ayah Nasional 12 November
Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahunnya di Indonesia dan bukan hari libur umum.
Sejarah Hari Bangunan Nasional 11 November
Hari Bangunan Nasional diperingati tanggal 11 November untuk mengedukasi masyarakat agar terus memelihara dan melestarikan bangunan bersejarah.
0
MAKI Daftarkan Uji Materi soal TWK Pegawai KPK ke MK
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia mengajukan uji materi soal tes wawasan kebangsaan pegawai KPK ke Mahkamah Agung yang saat ini menjadi polemik.