Sejarah Hari Bangunan Nasional 11 November

Hari Bangunan Nasional diperingati tanggal 11 November untuk mengedukasi masyarakat agar terus memelihara dan melestarikan bangunan bersejarah.
ilustrasi gedung di Indonesia. (Foto:Tagar/Capture Indonesia)

Jakarta - Hari Bangunan Nasional diperingati setiap tanggal 11 November setiap tahunnya. Peringatan ini, dimulai tahun 2014 yang diinisiasi oleh PT Indocement Tunggal Perkasa, produsen Semen Tiga Roda, bersama dengan tujuh tokoh konstruksi nasional.

Bukanlah keindahan suatu bangunan yang perlu kamu lihat, (tetapi) bagaimana fondasinya dibangun lah yang akan diuji oleh waktu.

Penetapan Hari Bangunan Indonesia, dijadikan momentum untuk mengedukasi masyarakat agar terus memelihara dan melestarikan bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia.

Hari Bangunan Indonesia, dideklarasikan di Hotel Mulia Senayan, Jakarta yang dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, ratusan pelaku industri jasa konstruksi, peneliti dan akademisi di bidang konstruksi.

Sementara untuk pemilihan tanggal 11 November sebagai Hari Bangunan Indonesia, sebab angka pada tanggal tersebut terdiri atas 2 angka satu yang melambangkan pilar-pilar bagunan yang kokoh.

Selain itu, tanggal cantik ini mudah diingat sehingga peringatan Hari Bangunan Indonesia bisa dijadikan sebagai momentum evaluasi pembangunan lantaran berada di akhir tahun.

Gedung di Indonesiailustrasi Gedung di Indonesia. (Foto:Tagar/kompas)

Meski diinisiasi oleh PT Indocement, Hari Bangunan Indonesia menjadi momentum untuk mengajak kontraktor, developer, industri bahan bangunan, arsitek, hingga akademisi bersama-sama menjaga komitmen terhadap standar bangunan berkualitas dan memberikan edukasi seputar konstruksi kepada masyarakat.

Hal ini seperti yang dikatakan David Allan Coe, "It is not the beauty of a building you should look at; its the construction of the foundation that will stand the test of time."

Artinya, “Bukanlah keindahan suatu bangunan yang perlu kamu lihat, (tetapi) bagaimana fondasinya dibangun lah yang akan diuji oleh waktu.”

Sementara Ketujuh tokoh yang ikut terlibat dalam tercetusnya Hari Bangunan Nasional beserta jabatannya di tahun 2014 adalah sebagai berikut:

1. Dradjat Hoedajanto, Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia

2. Eddy Hussy, Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia

3. Han Awal, budayawan

4. Munichy B Edrees, Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia

5. Siti Adiningsih Adiwoso, Ketua Green Building Council Indonesia

6. Wilfred A Sangkali, Ketua Asosiasi Precast Indonesia

7. Wiratman Wangsadinata, pakar konstruksi

[]

Berita terkait
Sejarah Hari Stroke Sedunia 29 Oktober
Hari Stroke Sedunia diperingati setiap tanggal 29 Oktober dan petama kali dicanangkan oleh World Stroke Organization pada tahun 2004 di Kanada.
Sejarah Hari Blogger Nasional 27 Oktober
Hari Blogger Nasional diperingati setiap tanggal 27 Oktober setiap tahunnya. Dicanangkan pertama kali oleh Menkominfo Muhammad Nuh tahun 2007.
Sejarah Hari Ganefo 10 November, Saingan Olimpiade
Hari Pesta Olahraga Negara Berkembang GANEFO, diperingati setiap tanggal 10 November untuk menandingi Olimpiade.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.